• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 18 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Olahraga
     
    Persamimania Ramaikan Karnaval di Maumere
    VICKY DA GOMEZ | Minggu, 21 Agustus 2016 | 10:50 WIB            #OLAHRAGA

    Persamimania
    Persamimania

     

    MAUMERE, FLOBAMORA.NET -  Karnaval hari kedua, Jumat (19/2), di Kota Maumere berlangsung meriah. Persamimania Anak Maumere, satu-satunya komunitas supporter bola di Provinsi NTT menjadi salah satu peserta yang ikut meramaikan kegiatan yang dilaksanakan guna memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-71.
           

    Anak-anak Persamimania berada di urutan ketujuh karnaval. Padahal sebelumnya kelompok ini terdaftar pada urutan ke-47 atau yang paling terakhir. Diduga karena penampilan unik Persamimania membuat panitia pelaksana menggeser ke posisi bagian depan.
           

    Kurang lebih sekitar 100-an anggota Persamimania melukis badan mereka dengan cat air berwarna hijau, putih, dan merah-putih. Hijau dan putih merupakan warna kebesaran Persami Maumere, kesebelasan milik masyarakat Kabupaten Sikka. Sementara warna merah putih mengisyaratkan nasionalisme mereka kepada tanah air Indonesia.
           

    Kehadiran Persamimania meramaikan karnaval ini ternyata membawa pesan yang bermakna. Yang pertama, mereka ingin menyatakan bahwa eksistensi komunitas ini terus ada setelah terlibat pada dua momen penting yaitu Turnamen El Tari Memorial Cup 2915 di Maumere dan Piala Gubernur Tahun 2016. Ungkapan eksistensi itu tampak terasa oleh sebuah spanduk bertuliskan Ami Noran yang artinya kami ada. Di belakang spanduk ini dibentang juga spanduk yang bertuliskan Persamimania.
           

    Pesan lain tampak jelas dari sebuah spanduk yang bertuliskan Dukung Persami Maumere, Pertahanan Piala El Tari. Spanduk ini terkesan menarik karena membawa pesan dan ajakan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sikka agar bahu-membahu mendukung kesebelasan kesayangan masyarakat Kabupaten Sikka yang merebut tropi ETMC 2015 lalu. Turnamen ETMC 2017 sendiri rencananya digelar di Kabupaten Ende.
           

    Di sepanjang jalan yang dilewati, anak-anak Persamimania terus menyanyikan lagu-lagu penyemangat. Layaknya sedang memberikan dukungan kepada Persami Maumere yang sedang bertanding di lapangan hijau, pada karnaval ini anak-anak Persamimania tiada hentinya terus bernyanyi sejak start dari Lapangan Umum Kota Baru sampai finish di Kantor Bupati Sikka.
           

    Kelompok ini mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat yang menonton dari pinggir jalan. Masyarakat menyambut penampilan Persamimania dengan seruan khas horo sambil mengepalkan tangan.

     

    Sayangnya, penampilan unik menarik dan kreatif Persamimania tidak sempat disaksikan Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera. Orang nomor satu di Kabupaten Sikka itu sudah lebih dulu meninggalkan podium utama usai melepas resmi rombongan karnaval.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.