Registrasi     Log In      Bantuan

Senin, 23 Oktober 2017 .: Selamat datang di flobamora.net : Suara dari Timur
Registrasi     Log In      Bantuan



Senin, 23 Oktober 2017

 

Turis Datang ke Flores Karena Potensi Wisata Budaya
Oleh: Vicky Da Gomez | Rabu, 31 Agustus 2016 | 22:29:13 WIB            #Travel

Turis
Pater Ansel Doredhae, SVD

  Baca Juga

 

MAUMERE<FLOBAMORA.NET – Dosen sosiologi dan kebudayaan di STFK Ledalero Pater Ansel Doredhae, SVD mengungkapkan rahasia tentang kenapa orang dari luar berminat sekali ke Flores. Dari hasil survey, ternyata turis mancanegara dari Eropa, Amerika, dan Asia ingin menyaksikan kebudayaan di Flores yang terbilang eksotik dan unik.
       

Ia mengatakan hasil survey tersebut tidak menampik minat turis ke Flores karena aset-aset wisata lainnya, seperti Komodo di Manggarai Barat, Danau Kelimutu di Ende, Samana Santa di Flores Timur, juga tradisi penangkapan ikan paus di Lembata.
       

Di Kabupaten Sikka sendiri, katanya data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sikka menunjukkan begitu kuatnya aset dan potensi wisata budaya yang dimiliki. Kabupaten Sikka memiliki 198 wisata budaya yang terdiri dari 93 atraksi budaya, 60 sanggar seni budaya, 25 situs dan artefak budaya, di tambah lima etnis dan lima bahasa.
       

“Potensi-potensi budaya di (Kabupaten Sikka) sini sangat melimpah. Dan ini akan memberi sumbangsih terbesar dalam mendukung percepatan pengembangan pariwisata di sini,” ujar Pater Ansel Doredhae pada Seminar Strategi Pengembangan dan Pemanfaatan Potensi Wisata Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sikka, Senin (29/8).
       

Dengan potensi yang besar seperti ini, kata dia, perlu dilakukan langkah-langkah promotif agar Kabupaten Sikka kebanjiran turis. Misalnya, kata dia, mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Maumere Makasar (HIMMAM) yang menggelar seminar ini, perlu mempromosikan wisata budaya Kabupaten Sikka kepada almamaternya. Hemat dia, promosi dan informasi oleh mahasiswa sebagai sebuah bentuk pertukaran budaya, dan hal itu akan sangat bermanfaat positip.

“Jadi jangan berhenti hanya dengan menggelar seminar ini. Kalau kembali ke kampus, ke almamater, yang diskusikan tentang wisata budaya yang kita miliki. Promosikan ke sana. Budaya tu bisa berubah karena antara lain adanya pertukaran budaya. Dari situ akan mucul gagasan, nilai, norma, sikap, perilaku dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera juga menyebutkan wisata budaya sebagai salah satu potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Sikka, selain wisata alam dan wisata religi. Hanya saja Bupati Yoseph Ansar Rera kurang memberikan gambaran detail tentang potensi wisata budaya. Dia hanya menyebutkan tari-tarian sebagai bagian yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Sikka.

Beberapa peserta seminar mengharapkan agar dibuat sebuah kegiatan rutinitas guna mengangkat potensi wisata budaya Kabupaten Sikka. Kegiatan tersebut bisa dalam bentuk Festival Seni Budaya yang agendanya tetap setiap tahun, dan diinformasikan seluas-luasnya secara nasional maupun internasional.

Dengan agenda rutin seperti ini, diharapkan bisa merangsang minat turis mencanegara dan domestik untuk terus datang ke Kabupaten Sikka. Selain itu juga untuk memotivasi para pelaku budaya agar selalu menjaga dan mengembangkan kebudayaan yang dimilki.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sikka pernah menggelar Festival Seni Budaya Kabupaten Sikka pada tahun 2014, dengan menampilkan kekayaan budaya Sikka. Banyak sanggar seni budaya yang terlibat, dan mendapat apresiasi  positif.

 

Sayangnya, kegiatan ini tidak dilanjutkan lagi pada tahun-tahun berikut, sehingga memberikan kesan program kegiatan seperti itu hanya bersifat insidentil yang mengindikasikan dinas belum punya konsep dalam mengembangkan potensi wisata budaya di Kabupaten Sikka.***
   






KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
0 komentar


KIRIM KOMENTAR

Silakan LOG IN untuk memberi komentar.

FLOBAMORA.NET: Suara dari Timur