Registrasi     Log In      Bantuan

Selasa, 22 Agustus 2017 .: Selamat datang di flobamora.net : Suara dari Timur
Registrasi     Log In      Bantuan



Selasa, 22 Agustus 2017

 

Fjord Norwegia Barat, Norwegia
Oleh: Yohanes Langgar Billy | Sabtu, 17 September 2016 | 16:13:50 WIB            #Travel

Fjord
Dok Web - Situs Warisan Dunia

  Baca Juga

 

Flobamora.net – Geirangerfjord dan Nӕrøfjord adalah dua prototipe lanskap fjord dan merupakan pemandangan alam yang paling menakjubkan yang tidak ada bandingannya di dunia. Keindahan alam yang tak terkatakan ini terpancar dari dinding-dinding barisan bebatuan kristalnya yang sempit dan terjal yang berada pada ketinggian 1.400 m di atas permukaan Laut Norwegia dan memiliki kedalaman 500 m di bawah permukaan laut. Tembok-tembok fjords yang terjal memiliki sejumlah air terjun dan sungai yang berasal dari berbagai danau glasial, gletser, dan gunung-gemunung yang airnya mengalir dengan bebas melintasi hutan yang penuh dengan pepohonan yang daun-daunnya berguguran sepanjang tahun dan dipenuhi dengan jenis pohon jarum.

 

Lanskap fjord bercirikan berbagai fenomena alam darat dan laut seperti bebatuan bawah laut dan hewan-hewan mamalia laut. Jejak jaman dulu dan yang sekarang sebagian besar merupakan tanah ladang masyarakat yang sudah ditinggalkan, menambah aspek budaya pada lanskap alam yang dramatis yang menimbulkan ketertarikan manusia terhadap kedua fjord tersebut.

 

Terletak di barat daya Norwegia, dan berjarak 120 km antara satu dengan yang lain, Geirangerfjord dan Nӕrøfjord merupakan bagian lanskap fjord Norwegia bagian barat yang terbentang dari Stavanger di bagian selatan Andalsnes, yang terletak 500 km ke arah timur laut.

 

Kedua fjord ini adalah yang terpanjang dan yang terdalam di dunia dan merupakan pemandangan luar biasa indah. ‘Fjord’ adalah kata bahasa Norwegia yang berarti lembah es yang sangat dalam, biasanya sempit dan berdinding terjal dan memiliki dasar di dalam laut. Fjord-fjord Norwegia tersebut adalah yang terbesar di dunia dan dijadikan tempat penelitian lanskap fjord.

 

Geirangerfjord dan Nӕrøfjord terbentuk sepanjang retakan pada lapisan permukaan bumi pada titik-titik tertentu dan memiliki bentuk berliku. Fjord-fjord ini merupakan lembah submarine dengan kedalaman dasar lembahnya antara 300-500 m dan memiliki luas antara 1sampai 2 km. Keduanya dikelilingi oleh pegunungan yang penuh dengan ladang-ladang peninggalan manusia yang terletak di lembah-lembah dan di sekitar danau-danau glasial berdataran tinggi.

    

Iklimnya selalu berganti antara iklim lautan dan daratan, dan bervariatif, bergantung pada ketinggian dataran. Tumbuh-tumbuhannya beragam mengikuti daerah lereng yang terbentang dari daerah pantai sampai ke daerah pedalaman, dari utara ke selatan, dari permukaan laut sampai ke ketingggian 1.800 m, dan ke berbagai macam dataran dan iklim mikro.      

 

Hewan-hewannya terdiri dari empat jenis rusa, rubah kutub, berang-berang, dan banyak jenis hewan laut seperti ikan salmon Atlantik, anjing laut, ikan yang mirip ikan lumba-lumba dan ikan paus, ikan lumba-lumba dan ikan paus. Dan, tercatat ada lebih dari sekitar 100 jenis unggas.

 

Geirangerfjord dan Nӕrøfjord adalah dua area yang saling melengkapi karakteristik antara satu dengan yang lainnya. Nӕrøfjord yang letaknya lebih ke arah selatan berada 100 km ke arah pedalaman, dekat dengan Sognefjord. Pegunungan yang berada di sekitarnya memiliki puncak-puncak yang rapih dengan danau-danau glasialnya dan satu gletser dataran tinggi. Di bagian-bagian yang lebih tinggi terdapat pre-lanskap glasial.

 

Geirangerfjord terletak di sebelah utara, 60 km ke arah pedalaman, di bagian ujung atas Storfjord. Daerah pegunungannya lebih menyerupai Alpine. Ladang-ladangnya yang berblok-blok tersebar di pengunungan di sekitarnya dan terdapat beberapa gletser di puncak-puncak gunungnya. 

   


   Sumber   :   The World`s Heritage, UNESCO 2011 p 742




KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
0 komentar


KIRIM KOMENTAR

Silakan LOG IN untuk memberi komentar.

FLOBAMORA.NET: Suara dari Timur