• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 19 Februari 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Lembaran Baru Kehidupan Masyarakat Nduaria
    HELEN MEY | Jumat, 07 Oktober 2016 | 10:30 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Lembaran
    Aacara perdamaian di Nduaria

     

     

    TERNYATA, yang menyambut gembira  perdamaian antarkelompok yang pernah bertikai di Nudaria, bukan hanya warga setempat.  Bupati Ende Marselinus Y. W. Petu  bersama jajaran Forkopimda yang hadir dan menyaksikan momentum bersejarah itu ikut gembira. Kedatangannya berdama jajaran Forkopimda mau membuktikan kepada masyarakat Nduaria bahwa mereka benar-benar damai.

     

    Tidak mungkin orang yang  tidak berdamai bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada termasuk permasalahan di Nduaria. Marsel - Djafar akrab, rukun. Dalam pertemuan kami sering berdiskusi bagaimana dengan masyarakat Nduaria. Saya punya keyakinan kalau kita sendiri sudah bersatu pasti sangat mudah mendamaikan masyarakat Nduaria ,”ujar Bupati Marsel pada kesempatan itu.

     

    Harapan lain adalah apa yang sudah disepakati dalam perdamaian ini harus dijaga masyarakat dengan baik, agar kedepannya tidak terjadi lagi konflik.

     

    Kajari Ende, Muji Martopo, mengatakan, peristiwa konflik yang telah terjadi sekian tahun hendaknya menjadi peristiwa yang terakhir. Dengan kata lain tidak ada lagi konflik-konflik selanjutnya. Masyarakat Nduaria tentunya menginginkan suasana yang damai, sehingga kedepannya diharapkan akan kembali membangun Nduria menjadi lebih baik dari kemarin.

     

    Lembaran kemarin kita tutup, dan kita buka lembaran yang baru, dan saya sangat yakin dengan suasana yang damai masyarakat Nduaria akan bekerja lebih tenang dan tentunya kesejahteraan hidupnya akan baik, karena tidak ada lagi rasa takut atau cemas,”ujar Martopo.

     

    Ia menilai kesepakatan damai yang dilakukan mosalaki Nikolaus Vedho dan martinus Mithe sebagai bentuk tanggung jawab mereka untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Nduaria., dimana mereka tidak hanya memikirkan kepentingan sendiri tetapi memikirkan kepentingan masyarakat Nduaria secara keseluruhan khususnya kepentingan generasi penerus.

     

    Kapolres Ende, Ardyan Mustaqim mengatakan, peristiwa damai hari ini merupakan awal yang baik,  dan peristiwa damai ini tidak hanya berlaku bagi Nikolaus Vedho dan Martinus Mithe tetapi berlaku bagi seluruh masyarakat Nduaria.

     

    Polres  sendiri tidak akan mencampuri urusan adat. Tetapi jika ada yang melanggar hukum walaupun mosalaki pihaknya akan menangkap dan memproses sesuai aturan yang berlaku.

     

     Semua masyarakat Nduaria harus taat kepada kesepakatan perdamaian yang sudah dibuat, jangan lagi ada konflik, jangan lagi ada bentrok, dan sama-sama jaga amanah serta mulai hidup berdampingan,”pinta Kapolres Ardyan.

     

    Hal senanda juga disampaikan Dandim 1602 Ende Letkol (Kav) Suteja, dihadapan masyarakat Nduaria. Sutjea menegaskan, perisitwa perdamaian terjadi tepat di tanggal 22 September 2016, bukan suatu kebetulan tetapi sudah direncanakan Tuhan.

     

    “jadi mengapa saya katakan peristiwa damai terjadi di tanggal 22 september bukan suatu kebetulan, tetapi  ini rencana Tuhan ? Kalo dihitung secara matematis tanggal 22 artinya 2 tambah 2 sama dengan 4 dan angka 4 kalau dibalik  akan  kelihatan seperti kursi, ini artinya konflik yang terjadi selama ini hanya karena perebutan kursi atau kekuasaan diantara mosalaki. Dan terjadi dibulan sembilan artinya angka 9 menjadi angka tertinggi bagi kita manusia menuju tanggal 10 Oktober dimana angka sepuluh menunjukan angka istimewa dan sempurna. Dan pada tanggal tersebut kita tunjukan pada Tuhan melalui kegiatan Ritual adat bahwa kita memang benar-benar berdamai,kata Suteja.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.