• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 25 Juni 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Demokrat Sindir Semangat SIC Perlahan-lahan Mulai Redup
    VICKY DA GOMEZ | Jumat, 07 Oktober 2016 | 21:21 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Demokrat
    Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera menyampaikan tujuan pendirian SIC kepada Mendagri Tjahjo Kumolo saat peletakan batu pertama Pembangunan Gedung SIC pada tahun 2015 lalu

     

    MAUMERE,FLOBAMORA.NET – Fraksi Partai Demokrat mulai prihatin dengan masa depan program Sikka Innovation Center (SIC). Tak ayal, fraksi ini pun menyindir roh dan semangat SIC perlahan-lahan mulai redup.
           

    “Seharusnya kita melihat (SIC) ini sebagai batu loncatan untuk membawa perubahan besar bagi rakyat Sikka. Pertanyaannya dari mana kita harus mulai lagi? Dan siapa yang harus memulainya?” tanya Ketua Fraksi Partai Demokrat Agustinus Romualdus Heni, Selasa (4/10).
           

    Lelaki yang biasa disapa Heni Doing ini kemudian menyarankan agar program SIC diplotkan sebagai Unit Pengelola Teknis Badan (UPTB) di bawah Bappeda Kabupaten Sikka. Hal ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa inovasi tersebut melalui penelitian dan perncanaan sehingga lebih tepat di bawah Bappeda. Saran ini mereferensi seperti yang terjadi pada Solo Technopark, tempat di mana pemerintah dan DPRD melakukan studi banding untuk mendukung program SIC.
           

    Menanggapi hal ini Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera menjelaskan bahwa sesuai hasil Focus Discussion Group (FDG) dan work shop pendirian SIC maka tujuan pembangunan SIC adalah menjadi tempat pelatihan dan pengembangan teknologi terapan serta pembinaan masyarakat untuk meningkatkan keahlian dalam mengelola sumber daya potensial di bidang industri pertanian, perikanan dan kelautan.
           

    Untuk itu, lanjut dia, sesuai master plan pembangunan SIC dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan sejak tahun anggaranb 2015 sampai dengan tahun 2019 dengan total anggaran Rp 50.921.504.000. Selama tahun 2015 dan 2016 telah direncanakan dan sedang dilaksanakan pembangunan infrastruktur pendukung serta penyiapan sumber daya manusia yang berkompeten.
           

    “Untuk tahun 2016 ini sudah dilakukan pelatihan tenaga fasilitator. Nanti akan dilengkapi dengan peralatan pendukung, sehingga fasilitator sudah bisa mulai membimbing wirausaha-wirausaha di daerah ini,” jelas Bupati Yoseph Ansar Rera.
           

    Terkait saran agar SIC berada di bawah Bappeda Sikka, Bupati Yoseph Ansar Rera mengatakan akan dikaji lebih lanjut oleh pemerintah sesuai ketentauan yang berlaku. Selama ini, SIC dikelola oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sikka.
           

    Pantauan Flobamora.net, Gedung SIC yang terletak di depan Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka masih jauh dari aktifitas. Di situ sudah ada beberapa bangunan, tetapi sama sekali tidak ada kegiatan yang mendukung tujuan pendirian SIC.
           

    Peletakan batu pertama pembangunan Gedung SIC ini dilakukan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur NTT Frans Lebu Raya pada 5 September 2015 lalu.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.