Registrasi     Log In      Bantuan

Selasa, 22 Agustus 2017 .: Selamat datang di flobamora.net : Suara dari Timur
Registrasi     Log In      Bantuan



Selasa, 22 Agustus 2017

 

Terkena HIV Sekarang, Baru Tahu 10 Tahun Kemudian
Oleh: Ana Dea | Minggu, 13 November 2016 | 09:25:58 WIB            #Gaya Hidup

Terkena
Ilustrasi

  Baca Juga

 

FLOBAMORA.NET - Human immunodeficiency virus (HIV) masuk ke tubuh manusia tanpa menimbulkan gejala apapun. Orang yang terkena HIV pada awalnya akan merasa sehat seperti biasa.

 

Hal itu karena masa inkubasi HIV atau masa masuknya virus hingga muncul gejala adalah 5-10 tahun. Bahkan bisa lebih dari 10 tahun jika daya tahan tubuh sangat baik.

 

Tak heran jika ada orang yang terinfeksi HIV, tetapi baru mengetahuinya 10 tahun kemudian. Ketika sudah muncul gejala, orang tersebut biasanya sudah terkena AIDS.

 

"Misalnya, ada yang bilang, 'Saya kayaknya "jajan" hanya sekali, 10 tahun lalu, tapi kenapa kena AIDS?' Bisa saja HIV sudah masuk saat 10 tahun lalu itu karena hubungan seks yang tidak aman," papar Konselor HIV/AIDS di RSUD Provinsi Kepulauan Riau, dr Dwinita Vivianti, SpPD dalam seminar Garuda Indonesia Peduli Kanker Serviks dan HIV/AIDS di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (9/11/2016).

 

Dokter yang akrab disapa Vivi itu menjelaskan, awalnya virus masuk ke dalam tubuh, lalu menyerang imun yang disebut sel T. Virus akan terus menyerang imun, hingga akhirnya sistem imun terganggu.

 

Ketika sistem kekebalan tubuh manusia semakin menurun, barulah muncul gejala dan biasanya sudah terkena penyakit AIDS. Gejalanya antara lain, berat badan menurun 10 persen dalam waktu sebulan, flu berulang dan tak kunjung sembuh, dan sering kelelahan.

 

"Kalau daya tahan tubuh turun atau punya penyakit diabetes melitus, tuberkulosis, hingga kanker, biasanya akan lebih kelihatan, kita sarankan tes HIV," ujar Vivi.

 

Jadi, jika pernah melakukan hubungan seksual yang tidak sehat, sebaiknya melakukan tes HIV. Diketahui lebih cepat dapat mencegah penularan ke orang lain.

 

Yang lebih penting adalah melakukan pencegahan, yaitu dengan tidak bergonta-ganti pasangan dalam hubungan seksual, melakukan hubungan seks yang aman, hingga hindari pemakaian napza suntik.

   


   Sumber   :   health.kompas.com




KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
0 komentar


KIRIM KOMENTAR

Silakan LOG IN untuk memberi komentar.

FLOBAMORA.NET: Suara dari Timur