• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 Juli 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Gubernur NTT Minta Labuan Bajo Dijadikan Homeport Pelabuhan Penumpang
    VICKY DA GOMEZ | Rabu, 28 Desember 2016 | 07:10 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Gubernur
    Gubernur NTT Frans Leburaya bersama Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Pontas Tambunan sedang melihat maket miniatur terminal penumpang Pelabuhan Laurens Say Maumere, Jumat (23/12) di Maumere

     

    MAUMERE,FLOBAMORA.NET  – Pemerintah Povinsi NTT sedang gencar mempromosikan pariwisata laut. Untuk mendukung itu, Gubernur NTT Frans Leburaya meminta PT Pelindo menjadikan Labuan Bajo sebagai homeport pelabuhan penumpang di NTT, khusus untuk kapal-kapal wisata.
           

    “Kami punya perencanaan membangun pariwisata yang besar di NTT, karena itu kami tengah mendorong supaya homeport-nya tidak lagi dibangun di Banyuwangi tapi di Labuan Bajo,” pinta Frans Leburaya sebelum groundbreaking terminal penumpang Pelabuhan Laurens Say di Maumere, Kabupaten Sikka, Jumat (23/12).
           

    Permintaan ini disampaikan kepada Direktur Utama Pelindo 3 Orias Petrus Moedak yang juga hadir pada kesempatan groundbreaking. Frans Leburaya berharap Pelindo 3 tidak lagi melirik Banyuwangi tapi justeru mengalihkannya ke Labuan Bajo untuk mendukung rencana pembangunan pariwisata di NTT.
           

    Labuan Bajo dipilih sebagai homeport karena letaknya yang strategis. Menurut Frans Leburaya, jika kapal-kapal crus yang berkapasitas 2000-3000 orang berlabuh di Labuan Bajo maka dia akan mengelilingi NTT selama kurang lebih 10 hari.

    “Dari Labuan Bajo mungkin apakah langsung ke Maumere atau mampir dulu di Nagekeo, Larantuka, Lewoleba, Alor, Atapupu, Kupang, Rote, Ende, Aimere, Sumba, nanti balik lagi ke Labuan Bajo. Semua sudah punya perencanaan,” yakin dia.
           

    Sebelumnya, Orias Petrus Moedak menjelaskan tentang pelabuhan marina khusus untuk kapal-kapal pesiar berukuran lecil, yang biasanya dipakai wisatawan asing. Rencananya Pelindo 3 akan membangun terminal penumpang untuk pelabuhan marina di beberapa tempat seperti di Banyuwangi, Gilimas, dan mengembangkan lagi yang sudah ada di Benoa.

    Orias Petrus Moedak mengatakan Pelindo 3 akan membangun terminal penumpang di 11 pelabuhan, di mana 6 di antaranya ada di NTT yakni Kupang, Kalabahi, Waingapu, Maumere, Ende dan Ipi. Pelindo 3 juga sudah melirik Labuan Bajo, karena itu pihaknya akan meminta Kementerian Perhubungan agar Labuan Bajo termasuk dalam prospek pembangunan terminal penumpang di NTT. Dengan demikian, katanya, akan ada 7 terminal penumpang yang dibangun di NTT.
           

    Pelindo 3 memiliki wilayah kerja pada 7 provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT. Pada wailayah kerja ini terdapat 43 pelabuhan, dan salah satunya di Maumere.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.