• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 18 Juni 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Untung ada Pohon Johar
    ALEX | Selasa, 07 Februari 2017 | 11:12 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Untung
    Kedua pelaja yang terjebak banjir saat menyelamatkan diri ke batas pohon johan yang berada di tengah kali

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Dramatis. Itulah kata yang bisa diucapkan saat menyaksikan upaya penyelamatan oleh tim SAR dari Brimob Ende, Kepolisian dan BPBD serta masyarakat terhadap dua pelajar SMA Taruna Vidia Ende yang terjebak banjir muara kali Nangsnesa, Senin (6/2).

     

    Penyelamatan terhadap dua Pelajar yang terjebak tersebut berlangsung kurang lebih tiga jam. 

     

    Peristiwa itu berawal dari ketika  empat orang warga termasuk dua pelajar yakni  Emanuel Stanislaus, kelas X dan Valentinus Senda, kelas XII hendak memacing ikan di tengah Kali Wolowona sekitar pukul 17.00 Wita.

    Saat berada di tengah kali, dua warga lain kemudian menepi karena melihat banjir yang makin mendekat. Keduanya kemudian mengingatkan Emanuel dan Valen untuk segera menepi.

     

    Namun, kedua siswa yang berdomisili di Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur ini tidak menghairaukan dan akhirnya terjebak di tengah kali saat sedang banjiir.

     

    “Sekitar pukul 17.30 Wita dua orang saudaranya lari ke tepi dan berteriak agar keduanya yang berjarak sekitar 50 meter di tengah kali untuk segera menepi karena kali sedang banjir. Dua orang pelajar tersebut tidak menggubris., Tiba-tiba banjir datang sehingga mereka keduanya terjebak di tengah kali,”ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende, Albert Yani, Senin (6/2).   

    Beruntung, di tengah Kali Wolowona terdapat sebatang pohon johar. Sehingga kedua pelajar tersebut berlindung di situ.

     

    Seperti disaksikan, sejak diterimanya informasi sekitar pukul 17.00 Wsita, tim langsung bergerak. Dari Satuan Brimob dipimpin Kasubden Brimob AKP Usman Hasan langsung terjun ke lokasi. Di lokasi dilakukan persiapan dan memutuskan Brigpol Aldo Mbengu untuk menyeberangi muara Kali Nanganesa menggunakan tali.Arus deras tidak membuat Aldo menyerah dan selanjutnya berupaya menyelamatkan mereka. 

     

    Sebelumnya, salah seorang warga yang coba menyelamatkan mereka turut terjebak. Evakuasi akhirnya berhasil dilakukan sekitar pukul 20.14 Wita korban pertama Valentinus dapat diselamatkan .Menyusul Stanislaus  sekitar pukul 20.18 Wita dan selanjutnya salah seorang warga yang juga sempat menolong tapi terjebak dan terakhir Brigpol Aldo.

     

    Upaya penyelamatan tersebut disambut tepuk tangan dari ratusan warga yang hadir di lokasi. 

     

    Salah seorang korban Valentinus mengatakan, sore sekitar pukul 17.00 wita mereka berempat tengah mancing di muara Kali Nanganesa. Ketika itu kondisi cerah  dan ketika air mulai keruh dua temannya pulang dan mengingatkan mereka untuk pulang. 

     

    "Saat itu kami anggap biasa saja. Kami dua menertawai mereka karena cuaca cerah. Tapi tiba - tiba banjir datang makanya kami terjebak. Beruntung ada pohon johar di tengah muara sehingga bisa berlindung karena air semakin deras, "ujarnya

     

    Bersama Eman juga pelajar sekolah yang sama mendapat bantuan tatkala salah satu teman bernama Wili melaporkan ke keluarga dan selanjutnya ke Brimob sehingga dilakukan evakuasi. 

     

    Setelah berhasil melakukan evakuasi keduanya, oleh pihak BPBD dibawa ke RSUD Ende  untuk diperiksa kondisi kesehatan.

     

    Kepala BPBD Albert Yani mengingatkan kepada warga Kabupaten Ende untuk selalu berhati-hati dalam betaktivitas di tengah situasi cuaca yang tidak menentu.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.