• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 21 Juni 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Kapolres Sikka Ajak Pelajar Menjadi Polisi Bagi Diri Sendiri
    VICKY DA GOMEZ | Minggu, 12 Februari 2017 | 11:01 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Kapolres
    Kapolres Sikka I Made Kusuma Jaya sedang membawakan materi kepada para pelajar pada pelatihan jurnalsitik bagi pelajar SMA/SMK/MA di Kabupaten Sikka, di Hotel Nara Room, Kamis (9/2)

     

    MAUMERE,FLOBAMORA.NET – Salah satu fungsi strategis kaum muda yakni sebagai penerus masa depan. Karena itu sangatlah tepat jika Kapolres Sikka I Made Kusuma Jaya mengajak para pelajar di Kabupaten Sikka, yang adalah kaum muda,  untuk menjadi polisi bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

    Ajakan ini disampaikan Made Kusuma saat membawakan materi Peran Pemuda dalam Mewujudkan Kantibmas dalam kegiatan pelatihan jurnalistik bagi pelajar SMA/SMK/MA di Hotel Nara Room, Kamis (9/2).

    Sebagai agen perubahan dan penerus masa depan, katanya, pemuda harus terus berupaya meningkatkan kualitas diri agar menjadi aktor pembangunan di bidang Ipoleksosbudhankam. Kaum muda juga harus memahami norma agama, kesopanan, kesusilaan dan norma hukum sebagai landasan dalam bertutur kata, bersikap dan berbuat.

    Selain itu, tambahnya, kaum muda harus menjadi teladan dalam berdisplin dan patuh hukum untuk dapat dicontoh oleh kelompok masyarakat lainnya. Juga peduli terhadap kondisi lingkungan sosial yang mendorong terjadinya instabilitas.

    Made Kusuma menambahkan pemuda harus menjadi pelopor bagi terselenggaranya siskamling dan gerakan sadar hukum dan keamanan. Memiliki self control yang baik sehingga tidak mudah main hakim sendiri dan atau mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Termasuk tidak mudah menyebarkan berita bohong atau yang sekarang familiar dengan hoax.

    Dia mengatakan sebagai warga negara, kaum muda dituntut untuk patuh, berdisiplin dan berpartisipasi dalam hidup bernegara. Kaum muda juga harus mengetahui bahwa hukum, peraturan, perundang-undangan negara yang berlaku sifatnya mengikat setiap warga negara. Kamu muda pun harus paham hukum pidana.
           

    Kepada para pelajar, dia mengatakan kaum muda memiliki potensi yang perlu dikembangkan. Potensi-potensi itu, urainya, seperti idealisme dan daya kritis, dinamika dan kreativitas, optimis dan kegairahan semangat, sifat kamandirian, disiplin, peduli, dan bertanggung jawab, keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan, patriotisme dan nasionalisme, serta kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
           

    Lebih jauh, Made Kusuma menggambarkan gangguan kantibmas tiga tahun terakhir. Terdapat tiga jenis gangguan keamanan yang paling mencuat yakni kekerasan, pencurian, dan seksualitas. Kekerasan berupa penganiayaan, keroyok, pengrusakan, dan pembunuhan, sedangkan seksualitas berupa persetubuhan terhadap anak, perzinahan, pemerkosaan, dan pelecehan seksual.

    Pada tahun 2014 terdapat 248 kasus, kemudian menurun menjadi  180 kasus di tahun 2015 dan turun lagi menjadi 170 kasus di tahun 2016. Sayangnya, trend menurunnya jumlah gangguan kantibmas tidka seimbang dengan penyelesaian kasus. Pada tahun 2104 terdata 130 kasus yang diselesaikan, lalu hanya 126 kasus di tahun 2015, dan 131 kasus di tahun 2016.

    Made Kusuma yang dikenal cukup akrab dengan para wartawan ini, menyinggung kurangnya jumlahnya personil di wilayah hukum Polres Sikka. Polisi di daerah ini berjumlah 454 personil, yang tidak seimbang dengan jumlah penduduk sebanyak 370.983 jiwa. Dia mengibaratkan 1 orang polisi harus mengamankan 817 penduduk daerah ini.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.