Registrasi     Log In      Bantuan

Sabtu, 21 Oktober 2017 .: Selamat datang di flobamora.net : Suara dari Timur
Registrasi     Log In      Bantuan



Sabtu, 21 Oktober 2017

 

Pusat Bersejarah Krakow, Polandia
Oleh: Yohanes Langgar Billy | Jumat, 17 Februari 2017 | 22:06:35 WIB            #Travel

Pusat
Dok Web

  Baca Juga

 

Flobamora.net – Pusat bersejarah Kraków, bekas ibukota Polandia, merupakan contoh arsitektur abad pertengahan yang menakjubkan. Kota para saudagar abad ketigabelas ini memiliki alun-alun pasar yang terbesar di Eropa selain sejumlah rumah bersejarah, istana dan gereja dengan ornamen-ornamen interior yang luar biasa indah. Sisa-sisa benteng abad keempatbelas, situs Kazimierz dengan gedung-gedung sinagoga tuanya, Universitas Jagellonian, dan Katedral Wawel Gotik, semuanya menyuguhkan sejarah kota yang mengagumkan.

 

Tata letak Kraków didasarkan pada empat wilayah inti: Stare Miasto atau kota tua, yang berada sekitar alun-alun pasar; Wawel, situs istana kekaisaran; distrik perkotaan Kazimierz; dan alun-alun Stradom.

 

Stare Miasto ditandai dengan jalan-jalan yang kelokan-kelokannya kaku, bentuk tata letaknya dibuat seperti yang diperintahkan oleh Boloslaw the Chaste pada 1257 ketika dia memutuskan untuk menyatukan berbagai macam orang yang berdiam di sekitar bukit Wawel. Yang tertinggal sekarang dari tembok-tembok pekarangan abad pertengahan adalah pintu gerbangnya dan tembok yang dibangun pada 1499 yang berdekatan dengan pintu gerbang utama kota.

 

Kota tua ini terpisahkan dari distrik tua Kazimierz, yang sampai dengan 1880 masih merupakan sebuah pulau. Kazimierz menjadi alun-alun Yahudi Kraków sampai Perang Dunia II.

 

Alun-alun universitas kota Kraków adalah alun-alun tertua di Polandia dan merupakan salah satu alun-alun tertua di Eropa. Mahasiswa Universitas Jagellonian termasuk Copernicus dan Karol Wojtyla (Paus Yohanes Paulus II).

 

Bukit batu gamping Wawel yang terletak di atas pusat bersejarah Kraków adalah situs kompleks beberapa gedung paling penting kota Kraków termasuk di dalamnya adalah Istana Kerajaan. Sekarang ini istana tersebut menjadi museum yang memajang permadani, Harta Kerajaan, perabot-perabot rumah tangga berstandar dan antik.  Katedral Wawel, tempat di mana para raja Polandia dimakamkan juga terletak di situs ini.

 

Di pintu masuk menuju Wawel terdapat awal mulanya monumen-monumen kuno Jalan Kerajaan dan gedung-gedung bersejarah yang mengagumkan yang mengarah ke jantung kota tua: alun-alun pasar, Rynek Glówny, yang panjangnya sekitar 200 m, merupakan salah satu alun-alun abad pertengahan yang terbesar di Eropa. Satu sisinya didominasi oleh gedung gereja Gotik Perawan Maria Diangkat ke Surga, sementara di bagian tengah terdapat Skiennice, pasar kuno kain.

   


   Sumber   :   The World`s Heritage UNESCO 2011, p 30




KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
0 komentar


KIRIM KOMENTAR

Silakan LOG IN untuk memberi komentar.

FLOBAMORA.NET: Suara dari Timur