• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 22 Mei 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Warga Parumaan Nikmati Sarana Air Bersih
    VICKY DA GOMEZ | Sabtu, 04 Maret 2017 | 20:55 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Warga
    Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera sedang menandatangani prasasti peresmian proyek pembangunan air bersih, bertempat di Desa Parumaan Kecamatan Alok Timur, Sabtu (4/3)

     

    MAUMERE,FLOBAMORA.NET – Sebanyak 603 kepala keluarga di Desa Parumaan Kecamatan Alok Timur kini sudah bisa menikmati air bersih. Mereka tidak perlu lagi mengambil air bersih dari Desa Kojagete atau Desa Kojadoi, tapi langsung tersedia di desa itu.
           

    Kini di Parumaan sudah terdapat 45 kran air yang bisa melayani kurang lebih 2.053 jiwa di tiga dusun yakni Dusun Parumaan A, Dusun Parumaan B, dan Dusun Parumaan C. Setiap 9-10 rumah terdapat satu kran air sehingga memudahkan pelayanan air bersih kepada warga masyarakat di situ.


    Masuknya air bersih ke Desa Parumaan, melalui proyek Pembangunan Jaringan Air Bersih/Air Minum Kojagete Parumaan. Proyek ini menghabiskan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1.161.924, yang dikerjakan oleh CV Fajar dengan Direktur Greg Wangge.

    Kurang lebih 1 bulan terakhir ini warga sudah menikmati air bersih yang bersumber dari mataair di Desa Kojagete. Pada Sabtu (4/3), Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera meresmikan pemanfaatan air bersih bagi masyarakat Desa Parumaan. Peresmian itu ditandai dengan penandatangan prasasti yang berlangsung di Dusun Parumaan A Desa Parumaan.

    Usai penandatangan prasasti, Ketua DPRD Sikka Rafael Raga membuka kran air yang berada di dekat situ. Air bersih dengan debit 2,5 liter per detik pun keluar lancar. Rafael Raga, Yoseph Ansar Rera, Wakil Bupati Paolus Nong Susar sempat mencicipi air bersih tersebut.

    Hadir dalam peresmian ini antara lain Danlanal Maumere, Dandim 1603 Sikka Abdullah Jamali, Ketua Pengadilan Negeri Maumere, Wakapolres Sikka M. Saleh, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Agustinus Boy Satrio, Camat Alok Timur Frando da Lopez, Pejabat Kepala Desa Parumaan Yustinus Darmoyuwono, Ketua PKK Sikka Irma Tibuludji, dan Kapolsek Alok Mesakh Hetharie.

    Dalam keempatan tatap muka dengan warga Parumaan, Yoseph Ansar Rera berpesan agar warga masyarakat merawat dan mengelola jaringan air bersih secara maksimal. Agar pengelolaannya lebih terorganisir, dia menyarankan pengelolaannya diserahkan ke badan usaha milik desa (BUMD) setempat.

     

    Rafael Raga berpesan masyarakat mendirikan bak-bak penampung untuk menyimpan ketersediaan air bersih. Anggaran untuk mendirikan bak penampung bisa dengan memanfaatkan alokasi dana desa (ADD).

    Warga Parumaan menyambut gembira kehadiran proyek pembangunan air bersih. Sejumlah ibu rumah tangga yang tinggal di RT/RW 02/02 Dusun Parumaan A seperti Suhuria, Erni, Cici mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menjawabi kebutuhan akan air bersih.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.