• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 18 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Nasional
     
    Mendes PDT Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende
    ALEX | Kamis, 01 Juni 2017 | 20:20 WIB            #NASIONAL

    Mendes
    Upacara peringatah Hari lahir Paancasila di Kota Ende

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrsi (PDT) Eko Putro Sandjojo memimpin peringatanl hari lahirnya Pancasila di Lapangan Pancasila Ende NTT, Kamis (1/6/2017).

     

    Hadir juga Deputi Kementrian Pariwisata Bidang Pemasaran Pariwisata Esti Reko Astuti, Anggota DPR RI Farry Francis dan Sahrul Pua Sawa, Gubernur Frans Lebu Raya,jajaran  Forkompinda Provinsi NTT serta para bupati dan walikota se-NTT serta ribuan masyarakat Kabupaten Ende.

     

    Sebelum upacara dimulai , Mendes PDT menyambut rombongan parade laut dari Pulau Ende yang membawakan lambang burung garuda dalam rangka parade kebangsaan. Penerimaan dilaksanakan di Pelabuhan Soekarno Ende.

     

    Presiden Joko Widodo dalam sambuta yang dibacakan Menteri Sandjojo berpesan agar masyarakat benar-benar mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

     

    “Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bangsa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhinneka tunggal ika-an kita,”kata Presiden Joko Widodo.

     

    Presiden juga mengajak semua elemen masyarakat termasuk tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat untuk menjaga kesatuan bangsa Indonesia.

     

    Kata dia, Pancasila sebagai ideologi bangsa mesti dirawat dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab dewasa ini, Kebinekaan bangsa sedang diuji.

     

    Oleh sebab itu,, tambahnya, Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, harus terhindar dari ancaman bangsa.

     

    “Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia,”tegasnya..

     

    Kemeriahan peringatan Hari Lahir Pancasila 2017 ini dilanjutkan dengan parade darat yang menandai dimulainya bulan Soekarno dimana akan berakhir pada 21 juni 2017 mendatang, bertepatan dengan memperingati wafatnya Bung Karno. 

     

    Dalam parade darat ini peserta menyusuri situs Bung Karno yang ada di Kota Ende mulai dari asrama militer dimana Bung Karno melaporkan diri setelah diasingkan ke Ende, situs rumah Bung Karno, situs Imakulata tempat pertunjukkan tonil hingga ke kubur ibu Amsi , mertua Bung Karno. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.