Registrasi     Log In      Bantuan

Senin, 23 Oktober 2017 .: Selamat datang di flobamora.net : Suara dari Timur
Registrasi     Log In      Bantuan



Senin, 23 Oktober 2017

 

Kompleks Bersejarah Kota Split, Kroasia
Oleh: Yohanes Langgar Billy | Kamis, 14 September 2017 | 12:01:55 WIB            #Travel

Kompleks
Dok.Web - Situs Warisan Dunia

  Baca Juga

 

Flobamora.net -  Kota kuno Split terkenal dengan salah satu istananya yang megah yang dibangun pada akhir abad ketiga sesudah Masehi oleh Kaisar Romawi Diocletianus. Unik dalam skala dan kelengkapannya, istana yang megah ini adalah salah satu bangunan abad pertengahan yang penting, termasuk diantaranya adalah gedung gereja katedral, istana-istana Gothic abad keduabelas dan ketigabelas, dan istana-istana lain bergaya Renaisans dan Baroq.   

 

Pada awal Abad Pertengahan, kota Split dibangun di sekitar bangunan-bangunan istana, kemudian pembangunannya berkembang keluar seiring dengan pertumbuhan kemakmuran perdagangan pada abad ketigabelas and keempatbelas. Pusat kota baru berkembang sepanjang tembok barat istana yang kemudian dibentengi pada abad keempatbelas. Kemudian, pada abad ketujubelas, sistem pertahanan baru dengan rumah-rumah penjagaan dibangun.  

 

Banyak kota peninggalan Romawi dan abad pertengahan masih bertahan sampai sekarang. Pada sisi timur istana terletak Porta Argentea (Gerbang Perak) dengan gereja St Dominikus yang letaknya berseberangan jalan. Gerbang Perak merupakan jalan masuk ke Dataran Raja Tomislav, ke deretan tiang-tiang gedung yang kekar dan bulat, dan ke area pekarangan istana.

 

Pada sisi timur tiang-tiang gedung terdapat makam Diocletianus (yang sekarang berdiri gedung gereja Katedral St Dominus yang didesikan kepada St Maria); bentuk oktagonal yang asli dibangun sampai selesai dan berbentuk seperti kuba, yang awal mulanya dihiasi mosaik, membentuk atap gereja. Tiang-tiang pintu gerbang yang terbuat dari kayu yang monumental dan mimbar batu yang berasal dari abad ketigabelas merepresentasikan monumen-monumen tertua di dalam gedung katedral.

 

Satu kuil kecil yang letaknya berseberangan dengan makam Diocletianus, yang diduga dipersembahkan kepada Jupiter, dijadikan tempat pembaptisan pada awal Abad Pertengahan. Hanya bagian tertutup dari kuil yang biasa disebut cella dengan pintu gerbangnya yang kaya ukiran, yang dilestarikan.

 

Jalan Diocletianus terbentang ke arah utara mulai dari tiang-tiang gedung yang bulat sampai dengan Porta Aurea (Gerbang Emas); Istana Agubio, dengan pintu gerbang bergaya Gothic dan taman dalam berada di bagian kiri jalan. Ke sebelah kanan, di Jalan Papaliceva, terdapat istana Papalic (abad kelimabelas), adalah contoh arsitektur penting Gothic di kota Split.

 

 

Jalan Kresimir membentang dari tiang-tiang bulat gedung ke Porta Ferrea (Gerbang Besi) yang berada di sebelah barat; Istana Cindro (abad ketujuhbelas), istana kota bergaya Baroq yang paling indah, terletak di sebelah kanan. Di luar Gerbang Besi terdapat alun-alun Narodni Trg (Piaca), pusat komunitas abad pertengahan dan merupakan alun-alun yang paling hidup di Split jaman moderen. Dari ruamah-rumah yang terletak di penghujung utara alun-alun, hanya Balai Kota yang dibuka pada 1443, yang masih berdiri tegak.

 

Istana Diocletianus terkenal secara internasional bukan hanya dari tingkat kelestariannya tetapi juga dari masa-masa peralihan bersejarah dalam dan di sekitarnya yang secara bersama-sama membentuk kota tua Split seperti itu.

 

Diocletianus menghabiskan tahun-tahun akhirnya setelah pensiun di istana yang ia bangun antara tahun 293 dan 305 setelah Masehi dekat tanah kelahirannya di Dalmatia. Contoh paling bernilai dari arsitektur Romawi di bagian timur Adriatic, bentuk dan pengaturan gedung bagian dalam, merepresentasikan gaya tradisional vila imperial, kota Helenik, dan perumahan bangsa Romawi.       

   


   Sumber   :   The World`s Heritage, UNESCO 2011 p 82




KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
0 komentar


KIRIM KOMENTAR

Silakan LOG IN untuk memberi komentar.

FLOBAMORA.NET: Suara dari Timur