Registrasi     Log In      Bantuan

Senin, 23 Oktober 2017 .: Selamat datang di flobamora.net : Suara dari Timur
Registrasi     Log In      Bantuan



Senin, 23 Oktober 2017

 

Dinas Sosial Kota Kupang Data Penduduk Miskin
Oleh: Elya Djawas | Rabu, 04 Oktober 2017 | 20:58:15 WIB            #Lintas Flobamora

Dinas
Peserta Rakor Dinas Sosial Kota Kupang

  Baca Juga

 

KOTA KUPANG,FLOBAMORA.NET - Dinas Sosial  Kota Kupang mulai melakukan pendataan kemiskinan di daerah itu. Pendataan ini dilakukan untuk pemutahiran data terkait  jumlah warga kota yang masuk dalam kategori miskin.

 

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man dalam pembukaan Rakor pemutahairan data dan sekaligius penyerahan aplikasi SIKS Rastra tahun 2017, yang digear, Rabu (4/10) mengatakan, Rakor  tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menjawab keluhan warga soal nama mereka masuk dalam data sebagai oramg miskin atau tidak

 

Herman Man mengatakan, kegiatan Rakor ini untuk meredam suara-suara warga, yang selalu bertanya apakah mereka masuk dalam orang miskin atau tidak. Selain itu, dia juga menegaskan bahwa yang berhak menerima bantuan ini hanyalah orang-orang yang masuk kategori sebagai orang miskin.

 

“Kegiatan ini untuk mengurangi keluhan orang tentang apakah mereka itu masuk kategori orang miskin atau tidak. Kalau kita berbicara tentang orang miskin, datanya hanya melalui Dinas Sosial. BPS hanya satu metode untuk mengumpulkan data,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Feliksberto Amaral mengatakan,  penyerahan laporan ini sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Laporan ini sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan merupakan langka awal dalam rangka verifikasi dan kualifikasi data penerima KKS tahun 2017.” katanya.

 

Selain itu, lanjutnya, Rakor digelar karena mempertimbangkan dua kegiatan penting, yakni laporan hasil Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) Nex Generation, dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) para kepala daerah pada tanggal 10-12 September 2017 di Jakarta.

 

“Berdasarkan laporan hasil Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) Nex Generation, dan juga berdasarkan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) para kepala daerah pada tanggal 10-12 September 2017 di Jakarta, maka dinas Sosial Kota Kupang akhirnya menyelenggarakan Rakor ini bersama para camat dan lurah se - Kota Kupang, tentang pemutakhiran data KKS rastra tahun 2017, non PKH sekaligus menyerahkan data KKS rastra sebanyak 13.740 yang tersebar  di 51 kelurahan kepada enam camat dan 51 lurah.”jelasnya

 

Ia menambahkan, pemutakhiran data inibsangat penting, demi memastikan agar data penerima bantuan sosial tidak bermasalah. “Pemutahiran data ini untuk memastikan bahwa penerima rastra saat ini menjadi up to date. Tujuan lain pemutahiran data ini adalah untuk mentransformasikan bantuan sosial pangan non tunai sesuai Perpres 63 tahun 2017 tentang penyaluran bantuan non tunai yang akan direalisasikan 2018.” Katanya.

 

Masalah yang dimaksud, katanya lagi, biasa disebut dengan ekslusion error’ dan inklusion error’. “Data penerima rastra harus benar-benar valid, karena penyaluran bantuannya melalui akun bank.

 

Pemutahiran data ini akan menggunakan SIKS NG secara offline di tiap kelurahan. Jika ditemukan KPM mampu namun mereka menerima bantuan, maka KPM yang mampu itu harus diganti dengan mereka yang tidak mampu.

 

“Ini untuk menghindari ekslusion error’ dan inklusion error’. Artinya ada KPM yang mampu tapi menerima bantuan, dan ada KPM yang tidak mampu tapi tidak terima bantuan.”pungkasnya.***

   






KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
0 komentar


KIRIM KOMENTAR

Silakan LOG IN untuk memberi komentar.

FLOBAMORA.NET: Suara dari Timur