• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 18 Juli 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Sekda Ende Ingatkan ASN tidak Berpolitik Praktis
    ALEX | Senin, 23 Oktober 2017 | 22:10 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Sekda
    Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaen Ende Agustinus G Ngasu

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaen Ende Agustinus G Ngasu mengingatkan  Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu  untuk tidak berpolitik praktis menjelang pilkada serentak 2018 mendatang.

     

    “Hal ini diingatkan agar ASN netral dan tidak mendukung salah satu calon kepala daerah.” Kata Gusti Ngasu,Senin (23/10) di ruang kerjanya

     

    Menurutnya, siapapun calonnya jangan sekali-kali ASN terlibat dalam politik praktis karena aturan melarangnya, jika tidak akan berhadapan dengan sanksi  hukum.

     

    Ia mengharapkan ASN  mesti solid dan tidak terpengaruh dengan kepentingan politik pihak mana pun. Apalagi, hukum positif telah mengatur agar ASN harus netral.

     

    "Mari kita bangun kebersamaan dan kepedulian untuk saling mengingatkan. Jika ada sesama kita (ASNS) yang condong ke kiri atau ke kanan, kita ingatkan agar kembali lurus," ujarnya.

     

    Kata dia, Pilkada Kabupaten Ende Tahun 2018 mesti diwujudkan sebagai pesta demokrasi yang bebas dari intervensi politik terhadap birokrasi.

    Pilkada yang demokratis, jujur, adil, bersih dan bermartabat sehingga mampu menghadirkan pemimpin yang baik.

     

    Ia menjelaskan,s esuai PP 53 khususnya Pasal 4 nomor 12 melarang dengan keras ASN untuk berpolitik apalagi mendukung calon tertentu,memobilisasi massa saat kampanye untuk calon tertentu karena akan mendapat sangsi tegas sedang maupun berat tergantung tingkat kesalahan.

     

    Ia mengingatkan, ASN menjaga integritas dalam pelaksanaan pilkada serentak. ASN dalam pemerintahan,sebutnya, kerap dimanfaatkan sebagai mesin politik karena jabatannya strategis untuk memobilisasi suara.

     

    "Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengatur netralitas birokrasi dan larangan politisasi birokrasi. UU tersebut memperkuat aturan terdahulu, yaitu Peraturan Pemerintah No. 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Saat ini juga sudah disusun PP baru sebagai turunan dari Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN)."jelasnya.

     

    Ia memaparkan, ketentuan sanksi juga telah diatur dalam Pasal 7 PP no. 53/2010 terdiri dari tiga tingkatan, yaitu ringan, sedang, dan berat. Sesuai dengan Pasal 4 (12) jo Pasal 12 dan 13, pelanggaran netralitas PNS dapat dikenakan hukuman hingga pemberhentian secara tidak hormat.

     

    "Berdasarkan Pasal 2 UU ASN yang salah satunya berisikan asas netralitas, bertujuan setiap aparatur sipil negara tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepentingan siapapun.

    Sementara, pada Pasal 9 (2) UU ASN menyatakan bahwa aparatur sipil harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik."kata Gusti.

     

    Ia menambahkan, menyebutkan,pengaturan mengenai netralitas dalam UU ASN dimaksudkan untuk membentengi aparatur sipil negara dari intervensi politik.

     

    Sementara itu, terkait dengan pejabat pengganti atau pelaksana tugas bupati karena Marsel Petu yang kini menjabat Bupati Ende akan maju lagi, Gusti mengatakan,pihaknya akan memberitahukan kepada gubernur saat petahana mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum.

     

    "Pemberitahuan tersebut saat pendaftaran.Soal siapa yang menjadi penjabat atau Plt itu merupakan kewenangan gubernur.Kami tidak bisa menyodorkan nama siapa yang memegang jabatan tersebut"kata Gusti.

     

    Menurut dia yang pasti pejabat eselon IIA dan pangkat IV A atau IV D.***

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.