Registrasi     Log In      Bantuan

Minggu, 19 November 2017 .: Selamat datang di flobamora.net : Suara dari Timur
Registrasi     Log In      Bantuan



Minggu, 19 November 2017

 

Pembiayaan Perumahan Melalui FPLP Berubah Tahun Depan
Oleh: Albert Vincent Rehi | Sabtu, 28 Oktober 2017 | 09:59:01 WIB            #Ekonomi & Investasi

Pembiayaan
Ketua DPD REI NTT Bobby Pitoby

  Baca Juga

 

KUPANG,FLOBAMORA.NET -  Pembiayaan perumahan melalui  Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) akan berubah mulai tahun depan dimana pemerintah tidak lagi memberikan subsidi bunga sampai 20 tahun tetapi hanya sampai 6 tahun dan setelah itu berlaku suku bunga umum.

 

Ketua DPD REI  NTT Bobby Pitoby kepada wartawan Kamis (26/10)mengatakan,, selama lima tahun ini pemerintah memberikan subsidi kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk subsisi bunga sampai dengan 20 tahun tetapi mulai tahun depan skema pembiayaan ini akan berubah dimana pemerintah hanya memberikan subsisi bunga sampai dengan tahun keenam dan setelah itu berlaku bunga bank secara umum.

 

"Karena itu, kami imbau kepada masyarakat untuk menggunakan kesempatan yang ini untuk memiliki rumah MBR karena ada perbedaaan yang cukup besar antara suku bunga yang disubsidi dan suku bunga normal, Kalau yang ada sekarang ini bunga tetap sampai akhir kredit," katanya.

 

Selain itu, ada aturan lainnya yang juga berubah. Untuk yang berhak mendapatkan subsidi untuk perumahan, tidak hanya dilihat dari gaji tapi pendapatan yang dibawa pulang ke rumah.

 

Kata dia,jika dalam rumah dua orang bekerja maka bisa satu saja yang mengajukan untuk mendapatkan subsidi tapi sekarang ini yang bisa mendapatkan subsidi adalah gaji yang dibawa pulang ke rumah artinya pendapatan suami dan istri dihitung dan tidak boleh lebih dari Rp 7 juta. Pemerintah telah membuat batasan agar yang mendapatkan fasilitas perumahan bersubsidi.

 

Karena itu, sambaungnya, , masyarakat diharapkan untuk menggunakan waktu yang tersisa dalam tahun 2017 untuk memiliki rumah dengan fasilitas FLPP karena tahun depan ini semua skema pembiayaan sudah berubah.

 

Terkait dengan rumah yang sudah dibangun oleh REI NTT, Bobby menjelaskan untuk tahun 2016 ada 1654 unit rumah, tahun 2017 sudah ada 1122 unit rumah FLPP dan 367 rumah non subsidi.

 

Menurutnya, penjualan rumah MBR dari tahun ke tahun meningkat tetapi rumah non subsidi menurun.***

   






KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
0 komentar


KIRIM KOMENTAR

Silakan LOG IN untuk memberi komentar.

FLOBAMORA.NET: Suara dari Timur