Registrasi     Log In      Bantuan

Minggu, 19 November 2017 .: Selamat datang di flobamora.net : Suara dari Timur
Registrasi     Log In      Bantuan



Minggu, 19 November 2017

 

Pemuda di Ende Gelar Deklarasi Kebangsaan
Oleh: Alex | Minggu, 29 Oktober 2017 | 13:16:06 WIB            #Lintas Flobamora

Pemuda
Talk Show dan Deklarasi Kebangsaan Pemuda Kabupaten Ende

  Baca Juga

 

ENDE,FLOBAMORA.NET- Komponen pemuda di Kabupaten Ende,Sabtu( 28/10) malam menggelar deklarasi kebangsaan bertempat di Taman Renungan Bung Karno.

 

Deklarasi dilaksanakan,usai talk show dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda yang ke- 89. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) IndonesiaKu, yang di gelar sejak pukul 19.00 Wita melibatkan berbagai komponen pemuda dan masyarakat.

 

Didalam deklarasi kebangsaan yang diikrar seluruh peserta kembali menegaskan untuk menjunjung tinggi konsensus kebangsaan yakni Pancasila,UUD 45,Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.Disamping itu, tetap menjunjung tinggi toleransi dalam perbedaan suku,agama,ras dan antargolongan.

 

"Menghindari segala bentuk kenakalan remaja dan narkoba,menolak segala bentuk dan paham radikalisme seluruh wilayah nusantara ,serta melestarikan dan menumbuhkan minat terhadap seni dan budaya aslu Indonesia" demikian isi deklarasi kebangsaan.

 

Ketua LSM IndonesiaKu, Awaludin Aburachman menjelaskan, kegiatan yang dilakukan LSM IndonesiaKu untuk menyikapi segala bentuk persoalan yang belakangan ini kembali muncul dan mengancam persatuan bangsa.

 

Ia mengatakan,tema yang  dipilih dalam kegiatan ini adalah" Pemuda Indonesia berani bersatu", dimana kata dia,dengan semangat sumpah pemuda diharapkan dapat kembali menyatukan tekad pemuda di Kabupaten Ende, dalam memperkuat semangat kebangsaan dan integritas bangsa.

 

Saat ini lanjut Awaludin, hampir di pelosok negeri ini muncul gerakan dan idealisme baru yang mengancam persatuan dan kesatuan  bangsa. Gerakan dan idealisme sempit yang mempertentangkan soal persatuan dan kebersamaan anak negeri ,tambahnya, tidak boleh hidup di Kabupaten Ende khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

 

"Kita berharap persatuan dan kesatuan bangsa yang lahir dari sebuah perjuangan yang panjang harus tetap dijaga dan dilestarikan. Jangan ada pertentangan dan perbedaan antara suku, agama, dan ras  di bumi pancasila, apa lagi kita di Kabupaten Ende sebagai rahim nya Pancasila, harus menjadi contoh dalam  hidup keberagaman ini"tandasnya.

 

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ende, Gerardus Edo, mengatakan, pemuda khususnya di Kabupaten Ende harus bisa mewarisi nilai perjuangan dan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan keseharian. Nilai itu harus tertanam dalam diri para pemuda.

 

"Nilai luhur yang di wariskan para pendahulu harus ditanam  dalam diri anak muda di Kabupaten Ende. Kita harus bisa melestarikan nilai luhur perjuangan para pemuda yang sudah memberikan warna dalam perjalanan bangsa ini," tegas Kadis Geradus Edo.

 

Ia menambahkan, peran pemuda dalam era saat ini sangat penting, saat ini sadar atau tidak estafet kepemimpinan menjadi milik kaum muda.

 

Ia berharap nilai perjuangan yang diwarisi generasi muda dahulu harus tetap hidup. Konsep perjuangan yang sudah dikumandangkan harus tetap hidup dan terus dipertahankan.

 

Harus disadari , kata dia, saat ini muncul gerakan dan paham yang menonjolkan perbedaan yang berujung pada perpecahan bangsa. Karena itu kita mesti bisa mengambil nilai positif dalam perbedaan karena kita semua berada dalam satu bangsa yang menjujung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

 

" Pemuda harus berani berbuat sesuatu yang positif, berbuatlah sesuatu untuk kebaikan orang lain dan daerah ini. Jangan sampai kita hanya karena kendala yang dihadapi kita tidak berani berbuat yang terbaik bagi bangsa ini," jelas Kadis Geradus Edo.

 

Sementara pemerhati masalah seni dan budaya Kabupaten Ende, Avia Seja, mengatakan, saat ini kita patut berbangga dengan berbagai kegiatan dalam bidang seni yang dilakulan kaum muda saat ini. Kreatifitas kaum muda dibidang lagu dan tari di Kabupaten Ende harus terus dipertahankan.

 

" Banyak lagu dan tarian daerah yang sudah mengharumkan nama daerah ini, kreatifitas kaum muda  yang sangat positif untuk melahirkan karya seni dan sekaligus mempertahankan budaya daerah perlu di dorong untuk terus berkembang," terangnya. 

 

Ia sangat berharap agar ruang kreatifitas kaum muda semakin dibuka dan diberikan tempat tersendiri. Pemuda harus bisa mewarisi nilai seni dan budaya daerah ini agar tetap hidup dab tidak termakan jaman.Dengan nilai dari seni dan budaya  semakin memperkokoh jati diri bangsa sehingga semangat persatuan dan kesatuan tetap terpelihara.***

   






KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
0 komentar


KIRIM KOMENTAR

Silakan LOG IN untuk memberi komentar.

FLOBAMORA.NET: Suara dari Timur