• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 17 Desember 2017

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Human Trafficking Bentuk Pelanggaran HAM
    ELYA DJAWAS | Kamis, 23 November 2017 | 06:12 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Human
    Pembukaan kegiatan pemilihan Duta Anti Trafficking ditingkat Kota Kupang, Rabu (22/11) di alun-alun Balai Kota Kupang.

     

    KOTA KUPANG,FLOBAMORA.NET - Human trafficking  atau perdagangan orang, adalah bentuk pelanggaran HAM, dimana Hak-hak fundamental dilucuti dari seorang manusia. Dengan demikian, tindak perdagangan orang  adalah salah satu bentuk perbudakan moderen yang perkembangannya dinilai sangat cepat.

     

    “Perdagangan orang, merupakan salah satu dari tiga kejahatan tradisional, selain perdagangan obat dan senjata,” kata Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man dalam sambutanya saat membuka kegiatan pemilihan Duta Anti Trafficking ditingkat Kota Kupang, Rabu (22/11) di alun-alun Balai Kota Kupang.

     

    Menurutnya, perdagangan orang di Indonesia dinilai sangat memprihatinkan,kondisi ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar tapi terjadi juga di desa yang terpencii,hal ini sering terjadi dikarenakan masih rendahnya kesedaran masyarakat tentang kejahatan perdagangan orang dan juga kondisi korban yang tidak memungkinkan untuk melaporkan atas kasus yang dialaminya.

     

    "Korban terbesar dari kasus kekerasan dan perdagangan orang, baik yang terlapor maupun tidak terlapor lebih banyak dialami oleh perempuan dan anak, maraknya kekerasan khususnya kejahatan seksual terhadap anak, juga menjadi permasalahan bersama harus segera dituntaskan dan diberekan,sebab anak adalah tunas muda harapan bangsa, yang kelak akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini, "katanya.

     

    Ia berharap melalui kegiatan pemilihan Duta Anti Trafficking tersebut, siapapun yang terpilih nantinya, dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab dan dapat terus meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat Kota Kupang tentang bahayanya perdagangan orang,

     

    "Saya juga berharap siapa pun yang terpilih nantinya dapat mendorong masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan persoalan perdagangan orang,"pintanya.

     

    Sementara Direktur Rumah Perempuan Kupang (RPK), Libby Ratuarat - Sinlaeloe, mengatakan, tujuan diselengarakan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terutama agen perubahan KPP TPPO tentang TPPO 2, serta meningkatkan sensitifitas masyarakat terutama agen perubahan KPP TPPO dalam mendeteksi Dini TPPO.

     

    " kegiatan pemilihan Duta Anti Traffiking (DAT) tersebut merupakan rangkaian kegiatan kampanye TPPO yang dilakukan RPK dengan dukungan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Repunlik Indoneeia.Untuk mendukung kegiatan pencegahan TPPO ini, kami juga melaksankan Workchop TPPO dan dialog publik khusus untuk tujuh kelurahan di Kecamatan Oebobo sebagai Pilot Projeck,"ujarnya.

     

    Ia mengatakan bahwa Pihaknya  juga membuat film dokumenter "Harapan di Persimpangan"film ini mrnggambarkan tentang Kota Kupang sebagai Kota transit, situasi perdagangan orang, Testimoni TKW yang bermigrasi secara prosedural dan non proserural serta uoaya pemerintah Kota Kupanh dalam melakukan Kamoanye Pencegahan TPPO.

     

    Selain itu RPK juga membentuk Buku saku tentang TPPO sebagai pegangan untuk agen perubahan pada keluarahan sekecamatan Oebobo yang di-SK-kan oleh Lurah,dan para agen perubahan ini akan dilounching pada sabtu 25 Nopember 2017, bersamaan dengan acar final Pemilihan DAT,hari itu juga dipilih untuk memperingati hari perempuan sedunia yang akan dihadiri oleh sejumlah pejabat kementrian, yakni, Assisten Deputy, Deputy dan Mentri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

     

    "Hal ini menunjukan kepedulian yang tinggi dari KPPA RI kepada NTT khususnya Kota Kupang, karena dari delapan propinsi dan 16 kabupaten dan Kota di Indonesia yang tahun ini melakukan kampanye TPPO yang mendapat kesempatan seperti ini adalah Kota Kupang,"tegasnya.***

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     
     
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2017 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.