• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 21 Juni 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Pemkab Ende Launching Aplikasi Pembayaran Pajak Online
    ALEX R.S | Jumat, 19 Januari 2018 | 21:51 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Pemkab
    Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu memukul gong tanda peluncuran apilkasi pembayaran pajak online

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET- Untuk mempermudah pembayaran pajak dan retribusi daerah bagi para wajib pajak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ende meluncur applikasi baru untuk para wajib pajak secara online.

     

    Acara peluncuran aplikasi ini dilakukan Bupati Ende Marselinus Y.W Petu.Hadir pada kesempatan ini, Wakil Bupati Djafar Achmad, Ketua DPRD Ende Herman Yoseph Wadhi,pimpinan OPD serta instansi terkait.

     

    Bupati Marsel dalam kegiatan launching ini mengatakan, sistem pembayaran online yang saat ini diluncurkan merupakan sebuah inovasi pemerintah daerah dalam mempermudah wajib pajak untuk membayar pajak.

     

    Menurutnya, ke depan diharapkan masyarakat wajib pajak tidak lagi merasa kesulitan dalam melakukan pembayaran pajak.Untuk itu, Pemerintah daerah akan memberikan sanksi bagi para wajib pajak dalam membayar pajak dan retribusi daerah jika ada keterlambatan dalam pembayaran pajak karena sudah ada kemudahan.

     

    "Para wajib pajak dapat membayar pajak secara online kapan dan dimana pun mereka berada sehingga tidak lagi terjadi kelalaian dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah dan jika masih ada yang lalai atau terlambat dalam pembayaran maka kita akan berikan sanksi," katanya.

     

    Bupati Marsel menambahkan, dalam tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Ende akan menerapkan sistem ini untuk meningkatkan PAD sehingga tidak akan lagi terjadi kebocoran dalam pengelolaan keuangan daerah dan pengelolaannya menjadi lebih transparan dan akuntabilitas dapat terjaga.

     

    Sementara itu Ketua DPRD Ende Herman Yoseph Wadhi di kesempatan acara launching ini mengatakan , sistem pembayaran pajak daerah secara online ini merupakan sistem pembayaran pajak yang pertama di NTT sehingga diharapkan adanya kesadaran setiap wajib pajak dalam membayar pajaknya agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ende kearah lebih baik lagi.

     

    "DPRD secara lembaga sangat mendukung adanya inovasi baru ini dari pemerintah daerah dalam menunjang peningkatan PAD Kabupaten Ende. Namun semuanya itu, butuh adanya kesadaran para wajib pajak dan pembayar retribusi daerah untuk  secara sadar, jujur dan tepat waktu dalam pembayarannya sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Kabupaten Ende dapat terwujud sesuai yang kita harapkan bersama," tutur Hery Wadhi.

     

    Ia menambahkan, inovasi baru Bapenda dalam memberikan kemudahan bagi para wajib pajak dan retribusi daerah ini dalam membayar pajak penghasilannya, dapat membantu masyarakat untuk melakukan pembayaran pajaknya kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan BRIVA melalui ATM atau agen BRI Link terdekat.

     

    Sementara itu programmer aplikasi, Matilde Mensi Tiwe dalam sambutannya mengatakan applikasi baru yang diluncurkan hari ini merupakan sebuah upaya yang sangat urgen, mengingat ketersediaan fiskal daerah yang harus terus ditingkatkan guna memenuhi pembiayaan di daerah.

     

    "Besar kecilnya PAD akan menentukan tingkat kualitas pelaksanaan pemerintah daerah dan tingkat kemampuan pemerintah dalam menyediakan pelayanan publik serta keberhasilan pelaksanaan program pembangunan," kata Mensi.

     

    Mensi Tiwe yang juga Sekretaris Bapenda Ende ini menjelaskan, dengan diluncurkannya aplikasi baru ini dapat memberikan kesadaran dan kemudahan bagi para wajib pajak daerah baik wajib pajak pribadi atau  badan maupun retribusi daerah agar dapat menggunakan pembayaran pajak secara online dengan media pembayaran melalui nomor BRI Virtual Account yang diberiikan oleh Bapenda.

     

    "Dengan adanya aplikasi ini masyarakat diharapkan dapat  berperan aktif dalam membayar pajak dengan penuh kesadaran, jujur dan tepat waktu dalam mematuhi kewajibannya kepada pemerintah daerah," lanjutnya.

     

    Sesuai daftar jumlah wajib pajak yang memiliki nomor BRIVA dari Bapenda Kabupaten Ende dapat diberitakan kurang lebih 98.615 dengan rincian PBB sebanyak 97.456 wajib pajak, pajak hotel sebanyak 48 wajib pajak, pajak restoran dan rumah makan sebanyak 115 wajib pajak dan pajak lain - lain sebanyak 75 wajib pajak serta wajib retribusi sebanyak 250 wajib pajak.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.