• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 19 Februari 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Masyarakat Diminta Siapkan Diri Jelang Hadirnya Kompleks Observatorium Timau
    ALBERT VINCENT REHI | Jumat, 19 Januari 2018 | 22:58 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Masyarakat
    Gunung Timau di Kabupaten Kupang

     

    KUPANG,FLOBAMORA.NET - Bakal Calon Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat meintaa masyarakat di Kabupaten Kupang, khususnya di Kawasan Fatuleu dan Amfoang untuk mempersiapkan diri sedini mungkin menjelang  hadirnya kompleks observatorium di Gunung Timau.

    “Kesiapan itu menyangkut fasiulitas pendukung seperti penginapan dan kebutuhan para peneliti yang akan datang ke wilayah itu, setelah kompleks Observatorium Nasional Timau  selesai dibangun tahun 2019 mendatang,” kata Viktor di Nunsean, Jumat (19/1).

    Menurutnya, momentum ini harus dicermati secara baik sebagai sebuah peluang ekonomi dan pengembangan kawasan pariwisata sains, karena akan ada ratusan bahkan ribuan peneliti yang akan datang ke wilayah ini setiap tahun.    

    Sebagaimana diketahui APAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional  bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung, Universitas Nusa Cendana, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Kabupaten Kupang akan membangun sebuah kompleks Observatorium Nasional Timau (Obnas Timau), di daerah Gunung Timau, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Di kawasan pegunungan Timau di NTT itu, nantinya tak hanya dibangun kompleks Observatorium saja, namun juga membangun sebuah ‘Pusat Sains’ di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang sebagai pusat studi.

    Pembangunan kompleks Observatorium Nasional Timau oleh LAPAN  yang bekerja sama dengan beberapa instansi terkait tersebut, dimulai pada 2017 dan diperkirakan sudah mulai beroperasi pada 2019.

    Kawasan Gunung Timau yang terletak sekitar 65 kilometer arah timur laut Kupang ini memiliki topografis yang bergelombang dan terjal, dengan bentangan kawasan hutan mulai dari ketinggian 200 meter di atas permukaan laut dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, seperti hutan Eucalyptus urophylla dan hutan semi awet hijau.

    Pada daerah yang lebih rendah di pegunungan Timau, ditutupi oleh hutan savana yang ditumbuhi oleh beberapa spesies tumbuhan dan pohon, seperti Eucalyptus alba, Casuarina junghuhniana, dan regenerasi hutan semi-luruh daun (setengah rontok).

    Kawasan di daerah Gunung Timau ini juga mencakup hutan-hutan yang memiliki dataran rendah terbaik dan terluas di Pulau Timor bagian barat, provinsi Nusa Tenggara Timur.

    Kawasan pegunungan Timau seluas sekitar 15.000 hektare itu, berada pada titik koordinat 09°34′47.5″S (LS) – 123°56′20.1″E (BT), dengan ketinggian 500 – 1.774 meter di atas permukaan laut.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.