• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 19 Februari 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    KPUD Ende Gelar Kegiatan Coklit
    ALEX R.S | Sabtu, 20 Januari 2018 | 21:19 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    KPUD
    KPUD Ende saat melakukan coklit di salah satu rumah warga

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ende,Sabtu (20/1) menggelar kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) pada lima titik dalam Kota Ende sebagai perwakilan dalam kegiatan perdana ini, untuk memastikan daftar pemilih tersusun secara baik menghadapi pemilihan umum Kepala daerah serentak tahun 2018.

    Hadir dalam kegiatan ini, ketua dan seluruh komisioner KPUD, ketua dan anggota komisioner Panwas Kabupaten Ende.

    Kegiatan kerja pencocokan dan penelitian perdana diawali dengan apel siaga yang dilaksanakan KPU Ende, Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) sebagai ujung tombak di lapangan pada titik yang sudah ditentukan didampingi panitia pengawas kabupaten maupun tingkat kecamatan.

    Ketua KPUD Kabupaten Ende, Florentinus Hani Wadhi kepada awak media mengatakan, tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan sangat krusial dan strategis bagi terselengganya pemilihan kepala daerah sehingga pemuktahiran data pemilih sangat menentukan bagi tahapan Pemilu selanjutnya.

    "Ini merupakan salah satu tahapan pemilu yang sangat penting dan krusial. Penyusunan  daftar pemilih untuk mengetahui dengan pasti keberadaan peserta pemilu" ujar Florentinus.

    Lebih jauh Florentinus menjelaskan, pada tahapan pencocokan dan penelitian ini akan mengetahui nama dan alamat serta TPS yang akan digunakan pada saat Pemilukada nanti karena jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid maka bisa dipastikan tahapan pemilu selanjutnya akan terganggu.

    "Kami berharap petugas pemuktahiran data pemilih bisa melaksanakan kegiatan Coklit secara cermat, tertib, efektif dan akuntabel sehingga meningkatkan kualitas daftar pemilih menjadi lebih baik," ujarnya.

    Ia menjelaskan, yang dilihat adalah apakah ada kecocokan antara nama yang ada di formulir dengan orang yang didatangi.Kalau tidak akan dilakukan perbaikan. Jika memang belum terdaftar maka akan didaftarkan,dan setelah semua dilakukan coklit sebagai bukti akan ditempelkan stiker di pintu rumah.

    Ia menambahkan, pada kegiatan perdana hari ini, Sabtu (20/1) oleh KPU hanya dilakukan pada lima titik sebagai sample di antaranya di rumah perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, kaum disabilitas dan aparat birokrasi. Sementara seterusnya dilakukan oleh PPK, PPS,  dan PPDP.

    "Mereka ini kami anggap sebagai tokoh sehingga pada kegiatan opening leader," ujarnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.