• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 23 Februari 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Tujuh Ruang Kelas Jebol, SMPN Reroroja Diliburkan
    VIQI DA GOMEZ | Jumat, 02 Februari 2018 | 21:57 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Tujuh
    Bangunan gedung SMPN Reroroja di Kecmatan Magepanda yang jebol akibat angin kencang enin (29/1) lalu

     
    MAUMERE,FLOBAMORA.NET– Aktifitas kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMPN Reroroja Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka terpaksa ditiadakan. Siswa sekolah yang berjumlah 255 orang harus libur satu minggu karena tujuh ruang kelas jebol menyusul angin kencang yang menerjang bangunan sekolah,.  Senin (29/1) lalu.


    Angin kencang terjadi sekitar pukul 14.30 Wita. Saat itu sudah tidak ada kegiatan di sekolah, karena sudah selesai jam pelajaran. Para murid, guru dan pegawai sekolah telah kembali ke rumah masing-masing. Praktis tidak ada korban jiwa.


    Sekolah ini terdiri dari tiga bangunan yang berdiri secara terpisah. Bangunan permanen letaknya agak ke dalam, terdapat tiga ruang kelas, ruang laboratorium dan ruang guru. Ada lagi bangunan darurat yang dibua t dari bahan lokal, terdiri dari empat ruang kelas. Di sebelah bangunan darurat, sementara dibangun lagi tiga ruang kelas dan satu ruang perpustakaan.


    Tujuh ruang kelas yang jebol akibat angn kencang, masing-masing adalah tiga ruang kelas pada bangunan permanen, dan empat ruang kelas pada bangunan darurat. Pada bangunan permanen, seluruh atapnya terangkat. Sisa-sisa seng yang diterjang angin kencang, kini diletakkan rapi di depan rumah guru. Sementara bangunan darurat tampak roboh ke tanah.


    Satu rung kelas pada bangunan baru juga menjadi korban. Padahal bangunan ini sedang dikerjakan. Kontraktor pelaksana baru selesai memasang seng pada atapnya.


    Kepala SMPN Reroroja Saferianus Ndate, Jumat (2/2), menjelaskan pihaknya terpaksa meniadakan KBM karena ruang kelas sudah tidak cukup menampung semua rombongan belajar pada sekolah itu. Meski demikian semua siswa diwajibkan tetap hadir di sekolah dan mengisi absensi.


    Terkait bencana yang menimpa sekolah ini, Saferianus Ndete mengaku sudah melaporkan ke Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka. Dia berharap ada tindak lanjut dari dinas terkait untuk mengatasi persoalan yang sedang dihadapi.


    “Saya sudah lapor ke Dinas PKO Sikka. Kami berharap bisa ada perhatian dari pemerintah. Sementara ini kami meniadakan dulu aktifitas belajar mengajar. Anak-anak tetap datang ke sekolah setiap hari, sampai siang kembali ke rumah,” jelas Saferianus Ndate.


    Selain menunggu tindak lanjut dari Dinas PKO, pada Jumat (2/2), Saferianus Ndate mengundang orangtua murid untuk mendiskusikan langkah dan tindak lanjut penanganan perbaikan sekolah. Diperkirakan para orangtua murid akan bahu-membahu secara swadaya membantu perbaikan sekolah, sehingga aktifitas KBM bisa dilanjutkan kembali. 

         
    Bendahara OSIS SMPN Reroroja Meylani Putri mengaku sudah jenuh karena satu minggu ini tidak ada KBM. Murid Kelas 8A ini berharap pihak sekolah segera mencarikan jalan keluar agar mengaktifkan kembali KBM. Dia pun berharap pemerntah segera melakukan intervensi untuk menyelamatkan pendidikan di sekolah itu.


    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka Muhamad Daeng Bakir dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sikka Emmy Laka  yang ditemui terpisah beberapa hari lalu mengakui sudah mendata kerusakan bencana alam di wilayah Kabupaten Sikka termasuk SMPN Reroroja. Hingga sekarang belum ada bantuan tanggap darurat untuk sekolah ini.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.