• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 20 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Dua Paslon Bertarung di Pilkada Ende
    ALEX R.S | Senin, 12 Februari 2018 | 15:28 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Dua
    Penyerahan SK Paangan calon oleh Ketua KPU Ende

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - KPU Kabupaten Ende mentapkan dua pasangan calon kepala daerah yangakan mengikuti kontestasi Pilkada di daerah itu, 27 Juni 2018 mendatang.

    Penetapan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Ende, Senin (12/2) tidak dihadiri bakal pasangan calon Marselinus YW Petu dan Djafar Achmad.Ketidakhadiran pasangan ini juga sempat dipertanyakan oleh salah satu perwakilan pasangan calon.

    "Kami ingin tanyakan kenapa salah satu pasangan bakal calon bupati tidak hadir dalam penetapan hari ini. Mohon ketua KPU menjelaskan biar forum tahu," kata Farid Ambuwaru dari salah satu tim psalon saat Ktua KPU Ende Florentinus Hani Wadhi hendak menutup rapat pleno.

    Pertanyaan ini memancing sedikit kegaduhan karena tim MJ ingin menanggapi.

    Meski demikian Ketua KPU Ende bisa menetralkan situasi .Budhi Wadhi mengatakan kehadiran bakal calon saat penetapan tidak diwajibkan karena sesuai dengan aturan bisa dimandatkan.

    "Bisa dimandatkan karena itu silahkan baca PKPU biar bisa tahu" ujar Budhi Wadhi sambil mengetuk palu menutup rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati yang maju bertarung di Pemilukada 2018 bulan Juni mendatang. 

    Rapat Pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati dipimpin Ketua KPU Ende Hadir pasangan Don Bosco M Wangge dan H Munawar Achmad (MW) dan pasangan dari independen Rafael Ngala - Antoni Tonggo(Patriot) .Sedangkan Paslon Marselinus Y.W Petu dan Djafar Achmad diwakilkan kepada Tim penghubungnya.

    Rapat diawali dengan pembukaan yang diawali dengan pernyataan dan pemberitahuan ketua KPU soal hasil dari verifikasi calon dan pencalonan dari ketiga bakal calon serta pentahapan pemilu hingga sampai sekarang. Setelah itu Ketua Divisi Teknis Jamal Umar membacakan hasil verifikasi terhadap ketiga bakal calon.

    " Sesuai hasil yang kita peroleh paket independent dalam verifikasi ditemukan tidak memenuhi syarat calon dan pencalonan sementara dua paket lainnya Don Wangge-Munawar dan Marsel Petu - Djafar Achmad dinyatakan memenuhi syarat calon dan pencalonan" ujar Djamal Umar.

    Sementara itu Ketua KPU  sebelum mengetuk  palu membacakan penetapan dan menyerahkan Brita Acara penetapan kepada masing-masing bakal calon, dimana satu kepada Paslon Patriot yang tidak lolos smentara yang lainnya kepada MJ dan WM yang ditetapkan sebagai pasangan yang lolos.

    "Kita tetapkan dua pasangan yang lolos kita serahkan Berita Acara yakni Don Bosco M Wangge  -Munawar Achmad dan Marsel Petu dan Djafar Achmad sementara itu berita acara lainnyq kepada Rafel Ngala- Antoni Tonggo untuk yang tidak lolos,." ujar Budhi usai penetapan.

    Sementara itu ketua Tim pemenangan Marsel-Djafar ,Yustinus Sani mengapresiasi tim MJ dan KPU sehingga MJ lolos dan ditetapkan sebagai peserta. Kedepan dirinya berharap bisa menjunjung tinggi demokrasi dan selalu menghargai proses demokrasi.

    "KPU hendaknya menjadi penyelenggara yang baik sehingga proses pilkada berjalan aman ,sukses dan jurdil," ujar Yustinus Sani.

    Dia juga menjelaskan ketidakhadiran bakal calon Marsel dan Djafar karena sebutnya,sesuai dengan peraturan PKPU tidak wajib untuk hadir di kesempatan ini.Sementara untuk penarikan undian wajib hadir tapi jika ada halangan tetap maka bisa dimandatkan.

    Sementara Don Wangge calon Bupati berharap agar KPU jujur dalam penyelenggaraan Pemilu.

    Ia mengatakan hal ini, menurut dia bercermin dari pilkada yang lalu, KPU telah bertindak tidak jujur.

    Sementara itu,bakal calon bupati yang tidak lolos Rafael Ngala mengatakan, menerima jika paketnya tidak lolos.

    Dia menganggap itu merupakan hl biasa dalam berdemokrasi khususnya dalam mengikuti Pilkada.

    "Berpolitik itu terus bergerak.Politik itu tidak berhenti.Saya sebagai pimpinan partai Perindo akan terus kerja, "katanya.

    Ia mengatakan, irinya belum menyatakan sikap untuk merapat ke calon yang mana dari dua calon yang ada..***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.