• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 17 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Marsel-Djafar Siap Kembangkan Kawasan Penyanggah Kelimutu
    ALBERT VINCENT REHI | Selasa, 20 Februari 2018 | 13:40 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Marsel-Djafar
    Prosesi Upacara Pati Ka Dua Bapu Ata Mata di Puncak Danau Kelimutu, Kabupaten Ende

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Calon Bupati Ende Marselinus Y.W Petu mengatakan, jika rakyat mempercayakan dirinya bersama H.Djafar H.Ahmad memimpin Kabupaten Kelimutu itu lima tahun ke depan, mereka siap mengembangkan desa-desa di sekitar kawasan Danau Kelimutu menjadi daerah penyanggah yang memasok kebutuhann bagi para wisatawan.

     Ditetapkannya Danau Kelimutu bersama 23 tempat lainnya di Indonesia menjadi kawasan strategis pariwisata nasional, merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan ini,” kata Marsel yang juga bupati petahana dalam orasi politiknya  pada kampanye terbatas di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Selasa  (20/2).

    Menurutnya, pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional harus diikuti dengan pengembangan ekosistem pariwisata dengan munculnya simpul-simpul ekonomi baru di daerah-daerah sekitar destinasi pariwisata.

    Ia menyatakan, desa-desa di sekitar Kawasan Danau Kelimutu harus dikembangkan menjadi desa wisata berbasis masyarakat dan budaya, sehingga bisa tumbuh menjadi destinasi baru.

    “Pemerintah kabupaten sudah punya rencana mengambangkan daerah sekitar Kawasan Kelimutu menjadi pemasok kebutuhan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan untuk keperluan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini,” paparnya.

    Selain itu, sambungnya, event seperti Sepekan Pesta Danau Kelimutu dengan puncak acara Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata, Parade Kebangsaan dan Bulan Soekarno yang dihelat pemerintah setiap tahun adalah pintu masuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Ende.

    “Kami sering mengatakan, untuk menggerakkan dunia pariwisata di Kabupaten Ende  harus ada event. Jika tanpa event pengembangan pariwisata akan lamban bahkan cenderung jalan di tempat,” tandasnya.

    Ia menuturkan, saat ini Desa Waturaka di Kecamatan Kelimutu telah tumbuh menjadi sebuah desa wisata berbasis masyarakat yang sangat luar biasa. Pemerintah menginginkan wisatawan jangan hanya datang dan melihat Kelimutu saja, tetapi masyarakat sekitar harus  mendapat keuntungan.

    “ Pariwisata berbasis masyarakat adalah konsep pembangunan pariwisata dengan mengedepankan partisipasi dan peran aktif masyarakat, yang berbasis konsep pariwisata ramah lingkungan. Pemerintah ingin menciptakan Waturaka-Waturaka  baru di Kawasan Danau Kelimutu,” ucapnya.

    Sementara Calon Wakil Bupati Ende H.Djafar Ahmad mengatakan, ptensi pariwisata di daerah ini  masih banyak dan perlu dikembangkan. Misalnya, Danau Tiwusora di Kecamatan Lepembusu Kelisoke. Danau Tiwusora kini menjadi salah satu destinasi wisata baru yang mulai diminati. Selain itu, ada objek wisata budaya  megalitik dan sejarah yang sudah mendunia.

    Kata dia, untuk mendukung pengembangan  destinasi wisata baru itu, pemerintah berkewajiban membuka akses transportasi baik darat, laut maupun udara.

    “Untuk transposrtasi laut, pemerintah telah meningkatkan fungsi Pelabuhan Ippi dan Ende. Dan dalam tahap perencanaan akan membangun Pelabuhan Marina, khusus untuk kapal pesiar di sekitar Pantai Bita, guna mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan dari Labuan Bajo dan Bali,” jelasnya.

    Ia menambahkan, untuk transportasi udara, pemerintah sudah merencanakan perpanjang landasan pacu Bandara Hasan Aroeboesman, sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar.

    “Ini membuktikan kalau Ende terus tumbuh dan menggeliat. Bahkan, tahun lalu Bandara Aroeboesman merupakan bandara teramai ketiga di NTT setelah El Tari di Kupang dan Komodo di Labuan Bajo,” ucapnya.***   

       

     

       

     

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.