• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 21 September 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Kapasitas Sekda dan Inspekur Daerah Perlu Ditingkatkan
    ALBERT VINCENT REHI | Jumat, 02 Maret 2018 | 13:56 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Kapasitas
    Diskusi terbatas yang digelar Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) NTT, Kamis (1/3)

     
    KUPANG, FLOBAMORA.NET -  Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, mengatakan, peran Sekretaris Daerah (Sekda) dan Inspektur di daerah penting dalam melaksanakan fungsi pengawasan, sehingga kapabilitas dan kapasitasnya perlu ditingkatkan demi tercipta adanya pemerintahan yang baik dan bersih.

    “Saya minta kapabilitas dan kapasitas peran Sekda dan Inspektur di daerah harus ditingkatkan agar mereka mempunyai kemampuan memadai dalam melakukan pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) secara dini,” kata Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam diskusi terbatas bertajuk “Meminimalkan KKN melalui Pengendalian Internal Pemerintah dan Peran Inspektorat Daerah” digelar di aula kantor Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) NTT, Kamis  (1/3).

    Forum diskusi terbatas membahas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dalam rangka penguatan Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di masing-masing daerah. Penguatan APIP diperlukan untuk efektivitas upaya mencegah dan memberantas korupsi.

    Menurutnya dibutuhkan adanya komitmen yang sama dalam rangka penguatan SPIP dan APIP. Mengingat, SPIP merupakan sebuah proses yang integral dan utuh melalui tindakan yang dilakukan secara masif oleh pimpinan di daerah dan jajarannya secara efisien dan efektif dengan mengungkapkan laporan keuangan yang handal termasuk mengamankan aset pemerintah.

    “Auditor dalam melaksanakan tugas pengawasannya, bukan mencari kesalahan tapi membina. Jadi kalau ada temuan maka dicari jalan keluar pemecahannya. Dan saya minta Inspektorat di provinsi maupun di daerah dapat berfungsi secara optimal,” pinta Lebu Raya.

    Kata Lebu Raya, penguatan kapabilitas Sekda dan Inspektur serta jajarannya sangat diperlukan guna membantu penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di wilayahnya masing-masing.

     “Kita memeng harus berusaha mencegah terjadinya KKN di NTT. karena itu, peran Inspektorat terkait SPIP benar-benar dapat terselenggara secara baik dan bekerja sama dengan BPKP,” tambah Lebu Raya. (*

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.