• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 11 Desember 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Jumlah Pemilih Sementara Pilgub NTT 3.059.704
    ALBERT VINCENT REHI | Minggu, 18 Maret 2018 | 13:51 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Jumlah
    Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe

     

    KUPANG,FLOBAMORA.NET - Jumlah   pemilih sementara (DPS) di NTT untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTT sebanyak  3.059.704 orang. Jumlah DPS ini adalah warga yang didata memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Sedangkan pemilih potensial yang didata menggunakan KTP non elektronik sebanyak 494.565 orang. 

    Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Pilgub Tingkat Provinsi dalam Rangka Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur  NTT di Aula KPU NTT, Sabtu (17/3/2018) siang, DPS ini ditetapkan KPU NTT setelah dibahas bersama dengan utusan KPU kabupaten se-NTT, Bawaslu NTT, Panwas kabupaten/kota, utusan pasangan calon dan partai pengusung, serta insan pers. 

    Maryanti mengatakan, daftar pemilih sementara ini didapat dari kerja keras KPU seluruh kabupaten/kota yang dimulai dengan Gerakan Coklit (cocokkan data teliti) serentak 20 Januari 2018 lalu. 

    Maryanti mengapresiasi kerja keras Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di seluruh NTT yang sudah menjalankan tugas dengan baik. “Hasilnya ada 85.791 rumah yang didatangi PPDP untuk mengambil data warga,” kata Maryanti. 

    Dari DPS itu, pemilih laki-laki sebanyak  1.500.447, sedangkan pemilih perempuan 1.559.257 orang. Para pemilih ini tersebar di 307 kecamatan, 3.323 desa/kelurahan dan 22 kabupaten/kota di NTT.  Pemilih terbanyak terdapat di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yakni sebanyak 279.928 disusul Kota Kupang sebanyak  229.524 orang. 

    Selain daftar pemilih sementara itu, masih terdapat 494.657 pemilih potensial yang terdata menggunakan KTP non elektronik. Jumlah paling banyak terdapat di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) 54.031 orang, disusul Kabupaten Sumba Barat Daya sebanyak 53.117 orang. 

    Hasil DPS mendapat respons dari para peserta rapat pleno. Banyak catatan diberikan Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa dan dua anggotanya, Jemris Fointuna dan Baharudin Hamzah. Catatan dan pertanyaan penting juga diajukan wakil pasangan calon yang hadir. 

    Maryanti mengatakan, DPS ini masih bisa berubah sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DTP). Menurut agenda, tanggal 24 Maret hingga 2 April 2018 DPS ini akan diumumkan kepada publik. Dalam rentang waktu itu, para pemilih bisa mengecek namanya, apakah sudah terdaftar atau belum.***  (Tim Media KPU NTT)


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.