• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 17 November 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Peserta UN di NTT 277.639 Orang
    ALBERTO | Selasa, 18 Maret 2014 | 13:53 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Peserta
    Kadis Dikbud NTT, Sinun Petrus Manuk

     
    Kupang, Flobamora.net - Siswa peserta ujian nasional (UN) di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun pelajaran 2014 mencapai 277.639  orang.

    "Peserta terbanyak pada tingkatan sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) sebanyak 118.896 orang, diikuti SMP dan madrasah tsanawiyah (MTs) sebanyak 87.096 orang," Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk,di Kupang, Selasa (18/3).

    Menurutnya, data ini sudah rampung dan berasal dari kabupaten/kota di NTT. Para peserta ini sudah dipersiapkan untuk mengikuti UN tahun 2014.

    Dia merincikan, total peserta UN tahun 2014 masing-masing khusus untuk tingkatan sekolah menengah yaitu sebanyak 158.743 orang, terdiri dari SMA/madrasah aliyah  (MA)  45.048 orang, SMK 15.346 orang, Paket C atau kesetaraan SMA/SMK 7.166 orang, SMP/MTs 87.096, SMALB 43 orang, SMPLB 44 orang dan untuk Paket B kesetaraan SMP 4.000 peserta.

    Tentang persiapan-persiapan yang telah dilakukan, dia menjelaskan, telah
    dilakukan sejak tahun lalu dan secara efektif dimulai pada awal tahun 2014 yakni dengan melakukan sosialisasi secara efektif kepada semua pihak, terutama di sekolah-sekolah tentang UN.

    "Dan, yang digalakkan itu adalah try out di setiap sekolah serta pemusatan belajar melalui Gong Belajar. Dan, semua ini bertumpu atau ujung tombaknya di kabupaten/kota," jelasnya.

    Sedangkan hari pelaksanaan UN, dia mengatakan, untuk SMA/SMK UN berlangsung pada 14-16 April 2014, SMP sederajat pada 5-8 Mei 2014 dan SD pada 19-21 Mei 2014.

    "Kita upayakan dengan berbagai koordinasi sehingga untuk dokumen UN bagi SMA/SMK harus sudah ada di NTT atau tiba di Kupang pada 1 April 2014. Pada H-3, semua dokumen UN itu sudah didistribusi sampai ke ibu kota kabupaten/kota," katanya.

    Dia mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan oleh pihaknya, yakni untuk waktu kurang lebih sebulan sebelum UN, akan ada perkunjungan ke sekolah untuk melihat dari dekat persiapan UN.

    "Kita harapkan semua pihak, terutama masyarakat, dalam hal ini orangtua/wali mendorong siswa supaya belajar keras dalam menghadapi UN. Orangtua/wali juga harus beri ruang kepada siswa agar belajar sesuai waktu. Selain itu beri suasana yang nyaman agar pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah bisa berjalan  baik," ujarnya.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.