• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 26 September 2018

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Perkuat PPK Komisi Pemilihan Umum Gelar Bimtek
    LEX | Kamis, 20 Maret 2014 | 15:20 WIB            #PEMILU

    Perkuat
    Kegiatan Bimtek KPU Ende

     
    Ende, Flobamora.net - Untuk memperkuat tugas Panitai Pemilih Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ende menggelar Bimbingan Tekhinis Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD 2014.

    Hadir pada kesempatan itu 21 Ketua PPK bersama Sekretaris PPK. Dalam kaitan dengan Bimtek tersebut juga dijelasakan tetang regulasi dan aturan yang baru sehingga kedepan para penyelenggara Pemilu kecamatan sudah mengetahui dengan pasti.

    Komisioner KPU Ende Djamal Umar kepada para peserta mengingatkan untuk mengetahui dengan pasti regulasi yang terbaru khsususnya tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

    Dia mengatakan hal ini, karena tata cara pemungutan dan penghitungan suara DPR, DPD dan DPRD berbeda dengan tata cara pemungutan dan penghitungan suara saat Pemilihan Umum Gubernur dan wakil Gubernur dan pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati beberapa waktu yang lalu.

    “Ada beberapa yang berbeda baik soal pemungutuan suara maupun tentang penghitungan suara. Untuk itu saya meminta para peserta untuk benar-benar mengikuti Bimbtek ini dengan baik, sehingga di lapangan nanti tidak mengalami kendala yang berarti,” kata Jamal saat membuka kegiatan ini.

    Dalam arahannya dia juga menjelaskan, tentang TPS berjalan dan TPS bagi orang sakit yang ada di rumah sakit serta kaum difabilitas atau orang-orang cacat, TPS ini yang akan digunakan nantinya hanya diperuntukan bagi mereka-mereka yang menjadi tahanan Kepolisian maupun kejaksaan.

    “Kita masih pikirkan bentuknya seperti apa, namun yang pasti kita akan mengakomodir para tahanan yang sudah masuk dalam DPT dimana mereka sementara di tahan di kepolisian maupun kejaksaan.Hal karena ingin memberikan kesempatan kepada semua waga negara untuk menggunakan hak pilihnya,” sebutnya.  

    Kata dia, berbeda dengan di Lembaga Pemasyarakatan, dimana di sana nantinya akan ditempatkan satu TPS bagi  para penghuni Lapas.Sementara itu untuk warga yang sedang di rawat di Rumah Sakit, KPU akan memfasilisasi untuk menggunakan hak pilihnya.

    “Kita tidak siapkan TPS khusus untuk mereka , meski demikian kita akan memfasilisasi mereka agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya.Kita akan sediakan kotak suara bagi mereka dimana nantinya akan didampingi saksi dari partai-partai,” paparnya.
     
    Sementara itu, untuk warga difabilitas KPU akan menyediakan surat suara bagi mereka .Namun sebutnya,  untuk yang tuna netra akan disiapkan surat suara huruf breille sementara yang lainnya seperti buta huruf tidak ada perlakuaan khsusus bagi mereka.

    Dia berharap, agar para PPK untuk membaca dan mengerti modul yang sudah dibagikan kepada mereka sebagai pegangan.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.