• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 19 Juni 2018

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Caleg Bagi-Bagi Uang di Gunung Sari
    VICKY DA GOMEZ | Selasa, 08 April 2014 | 23:52 WIB            #PEMILU

    Caleg
    Ilustrasi

     

    Maumere, Flobamora.net -  Seorang calon legislatif (caleg) DPRD Sikka dari sebuah partai politik diduga membagi-bagi uang kepada masyarakat di Desa Gunung Sari Kecamatan Alok. Aksi bagi-bagi uang ini dilaporkan oleh La Sabo, warga masyarakat di desa tersebut.

               

    La Sabo yang juga adalah Ketua Partai Golkar Desa Gunung Sari akhirnya melaporkan tindakan politik uang ini kepada Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Sikka. Laporannya telah diterima pada Selasa (8/4), dan kini sedang dalam proses Panwaslu setempat.

               

    Menurut La Sabo yang ditemui di Kantor Panwaslu Sikka, dia mendapat informasi tersebut dari Kasdin, salah seorang warga masyarakat yang melihat langsung tindakan bagi-bagi uang. Kasdin sendiri tidak mau melaporkan persitiwa ini tapi hanya menceritakan saja kepada La Sabo.

     

    Dia menceritakan bahwa bagi-bagi uang itu dilakukan pada Minggu (6/4) di sekitar pesisir pantai, dan pada Senin (7/4) di rumah La Ane. Infromasi yang dia terima, seseorang membagi uang kepada La Ane sebesar Rp 100.000 pada Minggu (6/4). Dan orang yang sama membagi uang Rp 10.000 kepada istri La Ane bernama Mursiyah, pada Senin (7/4).

     

    Mendapat informasi ini, La Sabo langsung menemui Mursiyah untuk menanyakan kebenaran informasi yang dia terima. Mursiyah mengaku seseorang telah memberikan dia uang dan selembar kartu caleg. Orang yang membagi uang tersebut berpesan agar pada 9 Aprilk 2014 nanti memilih caleg yang ada pada kartu caleg yang sudah dibagikan itu.

     

    Kesal dengan perilaku politik uang tersebut, La Sabo berinisiatif melaporkan peristiwa itu kepada Panwaslu Sikka. Dia pun mengambil barang bukti berupa uang dari La Ane dan Mursiyah dan kartu caleg yang dibagikan. Barang bukti tersebut sudah dia serahkan kepada Panwaslu saat memberikan laporan.

     

    Ketua Panwaslu Sikka Alfonsus Sero yang ditemui di ruang kerjanya Selasa (8/4) mengakui telah menerima laporan tersebut. Dia berjanji akan melakukan klarifikasi dengan sejumlah saksi lainnya.

     

    Menurut Alfonsus Sero, laporan ini cukup menyulitkan karena pelapor tidak melihat langsung peristiwa yang terjadi. “Dia hanya dengar cerita dari orang. Terus tidak ada peristiwa tangkap tangan saat kejadian berlangsung. Tapi kami akan tetap tindak lanjut, nanti kami panggil beberapa saksio untuk memberikan keterangan,” jelasnya.

     

    Alfonsus Sero mengajak semua puihak untuk melaksanakan proses demokrasi ini dengan cara-cara santun dan beretika. Dia berharap tidak terjadi tindakan-tindakan politik uang yang justeru akan mencederai hakikat dari berdemokrasi.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.