• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 23 Mei 2018

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Caleg Gerindra Tuntut Buka Kotak Suara
    LEX | Sabtu, 12 April 2014 | 20:27 WIB            #PEMILU

    Caleg
    Susasana di PPS Kelurahan Kota Raja

     
    Ende, Flobamora.net - Kisruh pemilihan umum legislatif (Pileg) kembali terjadi di Kabupaten Ende.

    Karena merasa dirinya memiliki suara yang kurang dari harapan, calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Gerindra, Farid Ambuwaru, meminta PPS di Kelurahan Kota Raja kecamatan Ende Utara untuk membuka  kotak suara dan menghitung kembali surat suara, khususnya di TPS 03 Kota Raja.

    Seperti yang disaksikan Flobamora.net, Sabtu (12/4) petang  di Kantor Kelurahan Kota Raja, Rapat Pleno penghitungan suara yang sudah dimulai Jumat (11/4) malam harus terhenti karena adanya protes Ambuwaru.

    Suasana cukup memanas di PPS tersebut, karena beberapa warga yang mengaku menentukan pilihan pada caleg tersebut turut mendukung karena mereka menyatakan dirinya memilih yang bersangkutan.

    Salah  seorang pengurus Partai Gerindra, Vinsensius Raga Leta mengatakan, awalnya proses pleno sehari sebelumnya berlangsung aman. Pleno untuk anggota DPD, DPR dan DPRD Propinsi berjalan dengan baik .Namun ketika memasuki pleno untuk DPRD Kabupaten Ende khususnya untuk Dapil Ende I terjadi protes dari Caleg Gerindra bersama para saksinya.

    Dia menyebutkan, ketika dilakukan penghitungan suara, khususnya untuk caleg Gerindra atas nama Farid Ambuwaru, yang bersangkutan hanya mendapatkan lima suara, padahal menurutnya banyak orang yang memilih caleg bersangkutan.

    Dia kemudian menunjuk keenam orang yang mengaku memilih Ambuwaru dan berani untuk disumpah. Mereka kemudian  meminta agar dilakukan pembukaan dan penghitungan kembali surat suara di TPS 03 Kota Raja.

    Sementara itu Ambuwaru mengatakan, TPS 03 yang terletak di samping situs Bung Karno ini banyak keluarganya yang tinggal di sana. Karena itu dia merasa heran hanya memperoleh hanya lima suara.

    “Coba kamu bayangkan, nenek moyang saya dari sini. Keluarga banyak di sini, di sekitar situs, tanah dan rumah situs ini adalah peninggalan nenek kami. Masa saya hanya dapat lima suara,” tutur Ambuwaru sengit.

    Untuk memperkuat ini, dia menghadirkan enam orang yang mengaku memilih dirinya dan menyatakan siap disumpah dengan pertimbangan PPS bisa membuka dan menghitung kembali karena dicurigai ada manipulasi.

    Dia mengatakan, enam saksi yang dihadirkan ini tidak semua anggota keluarga, sementara masih banyak keluarganya yang menyatakan memilih dirinya. Namun keinginan mereka tidak ditanggapi.

    Ketua KPU Ende Florentinus H Wadhi yang hadir di PPS tersebut bersama keempat komisioner lainnya mengatakan, sesuai dengan regulasi dalam pleno sebelumnya saksi dari Partai Gerindra tidak melakukan protes terhadap pleno di tingkat TPS.

    Karena tidak ada keberatan maka pleno di tingkat PPS terus dilanjutkan.Penjelasan tersebut mendapat tanggapan dari pengurus Partai Gerindra yang menyatakan, KPU tidak konsisten karena di beberapa TPS dalam kota permintaan penghitungan suara ulang terjadi di sana.

    Mereka mencontohkan, di TPS Rate Kelurahan Tanjung, Kecamatan Ende Selatan dan beberapa lainya. Adu debat dan argumen terus berlangsung antara pengurus, dan caleg Gerindra dengan KPU dan PPS kelurahan Kota Raja.
     
    Meski kecewa karena tidak diakomodirnya permintaan mereka akhirnya Ambuwaru dengan jiwa besar menyatakan siap menerima lima suara di TPS tersebut. Terlihat beberapa pendukungnya merasa kecewa karena mereka menyatakan diri telah memilih namun harus kalah begitu saja.

    Kepada mereka, Ambuwaru akhirnya memberikan pengertian untuk tidak perlu lagi mempermasalahkan persoalan ini. Tampak aparat kepolisian terus menjaga dan  mengamankan pelaksanaan pleno di tingkat PPS. ***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.