• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 23 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Ribuan Umat Kathedral Ende Ikut Prosesi Jalan Salib
    LEX | Jumat, 18 April 2014 | 13:02 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Ribuan
    Salah Satu Adegan Prosesi Jalan Salib, Yesus Memanggul salibNya

     
    Ende, Flobamora.net - Memperingati Wafatnya Tuhan Yesus, pada Jumat Agung, ribuan umat Kathedral  Raja Kathedral Ende mengikuti Jalan Salib hidup yang dibawakan oleh umat Lingkungan II.

    Prosesi jalan salib berjalan khidmad dan penuh kekhusukan.Terlihat meski kelelahan namun ribuan umat terus mengikuti proses Jalan Salib hingga tuntas.

    Pantauan Flobamora.net ,prosesi dimulai pukul 09.00 Witeng dengan mengambil  titik start di dalam Gereja selanjutnya mengelilingi jalan-jalan utama di dalam kota yang melewati batas-batas Paroki Kathedral Ende.Selanjutnya berakhir di dalam Gereja.

    Jalan-jalan yang dilewati antara lain, Jalan Sudirman, Polisi, Pahlawan, Banten, selanjutnya menuju Jalan Cendana, Patimura, Garuda,Sudirman, Irian Jaya, kembali ke jalan Kathedral dan masuk ke Gereja.

    Beberapa umat terlihat tidak bisa menahan haru mengikuti satu persatu adegan perjalanan sengsara, wafat dan kematian Yesus.

    Banyak diantara para ibu dan remaja putri yang tidak bisa menahan tangisan ketika menyaksikan perjalanan kisah sengasara Tuhan Yesus yang diperankan oleh salah seorang umat Lingkungan II . Bagaimana Yesus dihukum mati sebelumnya disuruh memanggul salib meski tak ada kesalahan sedikitpun yang diperbuatNya.Didera dan dianiaya hingga harus mati di kayu salib.

    “Menyaksikan adegan demi adegan, saya sangat terharu . Karena dosa kita semua harus di tanggung oleh Yesus.Apalagi mengingat perjumpaan Yesus dengan Bundanya Maria, Saya bisa merasakan betapa penderitaan yang ditanggung Bunda Maria menyaksikan penderitaan anaknya.Saya tidak bisa membayangkan bagaimana hal ini jika terjadi pada diri saya,” kata Ibu Antonia.

    Dia mengatakan, perasaan seorang ibu tidak bisa dibohongi, namun Bunda Maria tetap tegar, dan khususnya para ibu bisa belajar banyak dari Bunda Maria.

    Meski di tengah teriknya matahari , sikap khusuk dalam doa dan lantunan nyanyian , umat paroki Kathedral terus mengikuti hingga tuntas. Kurang lebih tiga jam penuh upacara jalan salib ini berlangsung dan berakhir tepat pada pukul 12.00 wita.

    Setelah Prosesi Jalan Salib ini, sore harinya pukul 15.00 wita dan 17.00 wita di adakan upacara kucup Salib di Gereja Kathedral Ende. Malam sebelumnya, yakni Kamis (17/4) dilangsungkan upacara Kamis Putih, mengenangkan Perjamuan Terakhir Tuhan Yesus bersama murid-muridNya sebelum menderita untuk disalibkan.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.