• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 18 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    HATHI Diminta Ikut Cari Solusi Terhadap Pesoalan Air di NTT
    ALBERTO | Jumat, 30 Mei 2014 | 15:14 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    HATHI
    Sebagian Pengurus HATHI NTT

     

    Kupang, Flobamora.net - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya mengajak para ahli teknik hidraulik  di daerah ini untuk turut mencari solusi terhadap beberapa persoalan air kerap dihadapi wilayah provinsi kepulauan ini.

     

    Permintaan tersebut disampaikan Gubernur Lebu Raya dalam sambutan tetulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Pembangunan Setda NTT, Andreas Jehalu, pada acara pelantikan Pengurus Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) Cabang NTT periode 2014 - 2017, Kamis (29/5) malam.

     

    Persoalan itu antara lain, pertama, debit air, sebab persoalan ini perlu dipikirkan secara serius. Pasalnya, NTT dengan musim hujan sekitar empat bulan, intenstitas hujannya tinggi, topografi bukit terjal,karang dan savana, kemungkinan air hujan yang turun, langsung mengalir ke bawah, mengakibatkan banjir dan erosi. Hanya sedikit saja air hujan yang turun, merembes ke dalam tanah dan mensuplai debit potensi air tanah.

     

    “Untuk itu, mari kita pikirkan bersama bersinergi untuk mendapatkan pola dan teknik,agar air bisa ditahan sedikit lebih lama, sehingga mendapat ruang dan waktu rembes yang lebih panjang,” katanya.

     

    Kedua, soal kelestarian lingkungan di NTT, air tanah hanya terdapat sungai dan hutan yang tersebar parsial. Dimana, ada reimbunan pohon besar, ditengarai adanya mata air di sana.

     

    Saat ini, katanya, hutan yang sedikit ini pun makin gundul oleh pertambahan penduduk secara konversi lahan yang terjadi tidak terkendali. Akibatnya, masalah air makin memprihatinkan.

     

    “Saya minta, HATHI NTT agar bekerjasama dan bersinerji dalam mengurai benang kusut air dan degradasi lingkungan yang terus terjadi, untuk mewujudkan obsesi NTT yang cukup air, hijau, asri dan lestari,” paparnya.

     

    Lebu Raya pada kesempatan itu juga berharap HATHI NTT untuk turut memikirkan dan meracik berbagai gagasan cerdas sederhana untuk menjaga ketersediaan air tawar, menjaga kualitas sesuai standar baku mutu air, pemanfaatannya serta upaya bersama melestarikan lingkungan sebagai daya dukung bagi ketersediaan air tawar.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.