• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 15 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Nasional
     
    Bupati Marsel : Dari Ende Kita Jaga Nilai Luhur Pancasila
    LEX | Senin, 02 Juni 2014 | 15:37 WIB            #NASIONAL

    Bupati
    Bupati dan Wakil Bupati Ende Bersama Pengurus Yayasan Ende Flores

     

    Ende, Flobamora.net – Bupati Ende Marcelinus YW Petu menegaskan, memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, adalah wujud nyata dari upaya bersama untuk kembali menggelorakan semangat kebangsaan dan menumbuh kembangkan karakter dan jati diri karena dirasa kini kian memudar.

     

    “Oleh karena itu dari Ende kita berniat untuk mendorong warga bangsa untuk melakukan sesuatu demi menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa dalam Pancasila,” Kata Bupati Marsel Petu dalam sambutan memperingati Hari Lahir Pancasila, Senin (2/6) di Lapangan Pancasila.

     

    Dia menuturkan, di era transisi pasca reformasi, nilai-nilai luhur Pancasila cenderung digilas dan kian memudar.

     

    Dari Ende, kata dia, kita berniat, mendorong seluruh warga bangsa untuk melakukan sesuatu demi menjaga dan melestarikan nilai luhur Pancasila sebagai idiologi, falsafah etika moral pemersatu bangsa.

     

    “Apa yang dulu dperjuangakan oleh para pendahulu , pejuang dan pendiri bangsa khususnya Bung Karno untuk daerah dan bangsa ini , harus kita jaga dan lestarikan sebagai warisan berharga bagi penerus bangsa,” ujarnya.

     

    Dia menyebutkan, sesuai Visi dan Misi dirinya bersama Djafar Achmad, berkaitan dengan membangun Sumber Daya Manusia maka peringatan Hari Lahirnya Pancasila bisa menjadikannya sebagai penggerak dalam upaya optimalisasi potensi dan Sumber Daya Alam, Budaya dan Sejarah demi kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

     

    Sebelumnya, Ketua Yayasan Ende Flores, Ignas Kleden mengatakan, situs Bung Karno yang dibangun di Kota Ende antara lain rumah pengasingan, taman permenungan  dan Lapangan  Pancasila sebagai pralambang kehadiran Bung Karno yang pernah menjalani masa pengasingan di kota itu.

    " Adanya situs tersebut  di Ende membuktikan jika kota ini adalah kota yang mengilhgami lahirnya Pancasila.Untuk itu  patut dirayakan setiap tahun secara nasional  bertempat di Ende," katanya.


    Dia menuturkan, semua hal yang berkaitan dengan Bung Karno menjadi ilham bagi masyarakat Kabupaten Ende dan harus diwujudnyatakan dalam kehidupan setiap hari.

    Dia juga meminta pemerintah daerah setempat untuk memanfaatkan keberadaan situs Bung Karno  menjadi sarana dan prasarana yang menunjang perkembangan Kabupaten Ende.


    "Situs ini  perlu diisi dengan berbagai kegiatan seni dan kebudayaan, sehingga tidak terkesan dibiarkan begitu saja," ujarnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.