• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 25 Mei 2018

     

     
    Home   »  Travel
     
    Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, Australia
    YOHANES LANGGAR BILLY | Rabu, 11 Juni 2014 | 01:31 WIB            #TRAVEL

    Taman
    Dok Web - Batu Uluru - Situs Warisan Dunia

     

    Flobamora.net - Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia karena nilai budaya dan alamnya. Dulu dikenal dengan nama Ayers Rock – Taman Nasional Mount Olga,  Uluru-Kata Tjuta terletak di wilayah tradisional Western Desert orang-orang Aborigin, yang dalam bahasa setempat bernama Anangu. Anangu adalah salah satu komunitas manusia tertua di dunia.

     

    Formasi batu-batu raksasa Uluru dan Kata Tjuta dan daerah-daerah di sekitarnya merupakan lanskap budaya yang penting. Bagi masyarakat Anangu karakter-karakter/ciri-ciri formasi ini adalah bukti fisik tindakan-tindakan, artefak-artefak, dan tubuh-tubuh para leluhur mereka (tjukuritja) yang menelusuri bumi pada masa penciptaan. Para leluhur mereka, yang menggabungkan atribut manusia dan binatang, melakukan perjalanan melintasi lanskap tersebut, tidak hanya menciptakan ciri-cirinya tetapi juga tjukurpa (hukum) – kode etik pergaulan yang dianut oleh orang-orang Anangu sekarang ini.

     

    Uluru dan kubah-kubah batu maha besar yang mendominasi tanah merah datar maha luas, menjadikan pohon ek dan rumput spinifeks di bagian tengah Australia kelihatan begitu kerdil. Uluru terbuat dari batu pasir merah yang keras. Batu Uluru ini memiliki 9,4 km ukuran lingkaran dan menjulang ke atas dengan puncak yang relatif rata yang memiliki ketinggian lebih dari 340 m dari atas permukaan tanah. Seni batu dalam gua-gua yang berada di sekelilingnya memberikan bukti lebih jauh tradisi budaya Anangu yang masih bertahan sampai sekarang.

     

    Kubah-kubah batu Kata Tjuta yang memiliki sisi-sisi curam, yang terletak sekitar 32 km sebelah barat Uluru, terbuat dari gumpalan batu karang. Kubah-kubah yang berombak ini disisipi dengan parit-parit yang sangat lembab dan lembah-lembah batu-batu ini adalah rumah bagi tanaman-tanaman dan hewan-hewan langkah padang gurun. Seperti Uluru, kubah-kubah Kata Tjuta menjulang ke permukaan bumi dengan bagian dasarnya tertanam jauh ke dalam tanah. 


     Dok Web - Batu-Batu Kata Tjuta

     

     

    Dok Web - Batu-batu Kata Tjuta

    Taman ini adalah rumah bagi hewan mamalia setempat, dunnart (sejenis tikus) berkaki bulu, tikus bukit pasir, dan mulgara (juga sejenis tikus). Lebih dari 170 jenis burung, 73 jenis hewan melata dan paling kurang 7 jenis kelelawar tercatat mendiami taman nasional ini.


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.