• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 17 Juli 2018

     

     
    Home   »  Nasional
     
    Ini Peta Dukungan Prabowo-Hatta Vs Jokowi-Kalla di 7 Kota
    A. RIZKY | Rabu, 11 Juni 2014 | 09:31 WIB            #NASIONAL

    Ini
    Pasangan capres dan cawapres, Prabowo-Hatta Rajasa dan Jokowi-Jusuf Kalla mengikuti acara debat di Balai Sarbini, Jakarta, Senin (9/6/2014). Debat capres dan cawapres rencananya akan dilakukan sebanyak lima kali selama masa kampanye. TRIBUNNEWS/HERUDIN

     
    JAKARTA — Survei Pusat Data Bersatu (PDB) di tujuh kota besar di Indonesia meramaikan gambaran peta persaingan calon presiden-wakil presiden dalam Pemilu Presiden 2014. Secara keseluruhan, selisih dukungan untuk kedua pasangan tak sampai 10 persen.

    Menurut survei ini, pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul di dua kota. Adapun pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul di tiga kota.

    Dua kota lain dalam survei PDB mendapatkan dukungan yang hanya berselisih sedikit untuk kedua pasangan. Tujuh kota yang menjadi lokasi survei tersebut adalah Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

    Kota dengan keunggulan pasangan nomor satu

    Di Medan, Sumatera Utara, pasangan Prabowo-Hatta mengalahkan pasangan Jokowi-JK dengan 54,9 persen dukungan. Di kota ini, Jokowi-Kalla mendapatkan 26,6 persen dukungan saja.

    Survei di Medan mendapatkan, 1,6 persen responden pemilih menyatakan tak akan memilih salah satu pasangan. Lalu, 8,3 persen responden mengatakan, belum bisa menentukan pilihan, dan tidak memberikan jawaban sebanyak 8,6 persen responden.

    "Dari segi kemantapan pilihan, pemilih Prabowo-Hatta di Medan juga lebih mantap dibanding pemilih Jokowi-JK," ujar peneliti PDB Agus Herta dalam pemaparan survei di Jakarta pada Selasa (10/6/2014).

    Gambaran serupa terlihat dari Kota Bandung, Jawa Barat. Di Paris van Java, elektabilitas Prabowo-Hatta mencapai 30,9 persen dan Jokowi-JK sebesar 16 persen. Adapun jumlah golput mencapai 1,4 persen, belum memiliki pilihan 20,7 persen, dan tidak menjawab 31,1 persen.

    Dari segi kemantapan pilihan, responden pemilih di Kota Bandung yang sudah mantap memilih Prabowo-Hatta mencapai 22,9 persen dan yang masih mungkin berubah pilihan sebanyak 7,5 persen.

    Di Kota Bandung, pemilih yang sudah mantap memilih Jokowi-JK sebesar 9,7 persen dan yang masih mungkin berubah mencapai 6,4 persen.

    Kota dengan keunggulan nomor dua

    Sebaliknya, pasangan Jokowi-Kalla unggul di Semarang dengan 32,4 persen, sementara Prabowo-Hatta mendapatkan dukungan 14,9 persen responden saja.

    Di kota lumpia ini, angka golput mencapai 1,6 persen, belum punya pilihan 30,8 persen, dan tidak menjawab sebanyak20,4 persen.

    Sementara itu, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jokowi-JK mendapatkan dukungan dari 32,9 persen responden, dengan Prabowo-Hatta mengantongi pilihan dari 18,8 persen responden.

    Survei PDB mendapatkan, pemilih di Balikpapan yang telah mantap memilih Jokowi-JK mencapai 22,3 persen, dan pemilih yang mantap memilih Prabowo-Hatta mencapai 13,4 persen.

    Di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jokowi-Kalla kembali mengungguli Prabowo-Hatta. Di kota asal Kalla ini, pasangan nomor urut 2 mendapatkan dukungan 53,8 persen dan pasangan nomor urut 1 mendapatkan dukungan 17,8 persen saja.

    Responden survei PDB di Kota Makassar yang menyatakan belum menentukan pilihan mencapai 18,1 persen.

    Peta berimbang

    Sementara itu, kedua pasangan mendapat dukungan yang hanya berselisih tipis di DKI Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur. Di Jakarta, Prabowo-Hatta mendapatkan dukungan 26,6 persen responden dan Jokowi-Kalla mengantongi 27,7 persen dukungan.

    PDB menyoroti responden pemilih di Jakarta masih banyak yang belum menentukan pilihannya. Angkanya pun mendekati dukungan yang sudah dinyatakan untuk kedua pasangan, yaitu 25,7 persen.

    Kemantapan pilihan mendukung kedua pasangan di DKI Jakarta juga saling mendekati. Pemilih Prabowo-Hatta yang menyatakan sudah mantap mencapai 16,9 persen, adapun pemilih Jokowi-Kalla mencapai 17,1 persen.

    Potret yang mirip dengan gambaran pemilih di Jakarta, ada di Surabaya. Di kota ini, Prabowo Hatta mendapatkan dukungan 27,4 persen dan Jokowi-Kalla 26,5 persen.

    Tingkat golput di Surabaya mencapai 3,7 persen, dengan responden yang menyatakan belum punya pilihan sebanyak 21,5 persen dan yang tidak menjawab sebanyak 21 persen.

    Analisis

    "Mengapa elektabilitas Jokowi-JK di tiga kota ini tinggi? Karena tiga kota ini menjadi basis massa mereka. Semarang dan Balikpapan adalah basis PDI Perjuangan, sementara Kota Makassar adalah basis suara Jusuf Kalla," ujar Herta.

    "Begitu juga mengapa Prabowo-Hatta menang di Medan dan Bandung. Di Bandung misalnya, wali kota-nya adalah Ridwan Kamil dan gubernur-nya Ahmad Heryawan, notabene bergabung dengan koalisi Prabowo-Hatta," imbuh Herta.

    Secara keseluruhan, perolehan dukungan untuk kedua pasangan peserta Pemilu Presiden 2014 tersebut berdasarkan survei ini hanya berselisih 5,7 persen. Rinciannya, Prabowo-Hatta mendapatkan 26,5 persen dukungan dan Jokowi-Kalla 32,2 persen.

    "Sebelumnya kami telah melaksanakan delapan kali survei. Ada tren elektabilitas Jokowi-JK turun dan Prabowo-Hatta naik. Sampai mana dia turun atau naik, perlu riset lagi," ujar Herta.

    Pengumpulan data survei dengan data tujuh kota tersebut digelar pada 26 Mei 2014 hingga 1 Juni 2014. Responden yang dilibatkan dalam survei ini berjumlah 2.688 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tatap muka dan pengisian kuesioner terstruktur, dengan rentang kesalahan plus minus 2 persen.

     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.