• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 15 November 2018

     

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    Manfaat Membaca: Menjadi Cerdas, Sehat, dan Bahagia
    YOHANES LANGGAR BILLY | Rabu, 11 Juni 2014 | 12:06 WIB            #GAYA HIDUP

    Manfaat
    Dok/Web

     

    Flobamora.net - Senang membaca bisa melindungi otak Anda dari penyakit Alzheimer, memangkas tingkat stres, mendorong berpikir positif, dan memperkuat persahabatan. Berikut adalah cara otak Anda bekerja dan memberikan manfaat pada tubuh ketika Anda membuka sebuah buku.

     

    Membaca menghilangkan stres

     

    Membaca dapat menurunkan tingkat hormon stres yang tidak sehat seperti kortisol, seperti yang dilaporkan Weight Watchers. Dalam sebuah penelitian di Inggris, para peserta yang terlibat dalam kegiatan yang merangsang kecemasan dan kemudian mereka diminta untuk membaca selama beberapa menit, mendengarkan musik, atau bermain video game. Tingkat stres mereka yang membaca turun 67 persen, jauh lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok lain.

     

    Membaca meningkatkan kosakata Anda

     
    Anda dapat menggunakan buku untuk memperluas
    perbendaharaan kata Anda. Bahkan, para peneliti memperkirakan bahwa kita belajar 5 sampai 15 persen dari semua kata yang kita ketahui melalui membaca, menurut laporan Scholastic. Hal ini sangat penting untuk anak-anak, yang ukuran kosakata secara langsung dan secara dramatis berkaitan dengan buku yang mereka baca.

     

    Membaca meningkatkan empati


    Cerita memberikan perspektif yang mengubah hidup, kata peneliti dari Universitas York.
    Berada dalam suasana kehidupan karakter yang sedang dibaca, memperkuat kemampuan Anda untuk memahami perasaan orang lain. Melihat dunia melalui mata Jane Eyre, misalnya, dapat membuat lebih mudah bagi Anda untuk berhubungan dengan sudut pandang adik ipar Anda.

     

    Membaca mendorong tujuan hidup

     

    Membaca tentang seseorang yang mengatasi hambatan dapat memotivasi Anda untuk memenuhi tujuan Anda sendiri, seperti yang ditemukan oleh peneliti Ohio State University. Jika Anda ingin kenaikan gaji, setelah meniru karakter dalam buku yang sedang And baca, dapat memberikan keberanian untuk melakukan hal yang sama. Semakin banyak Anda mengidentifikasikan diri Anda dengan karakter yang sedang dibaca dan mengalami peristiwa-peristiwa yang seolah-olah terjadi pada Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan mengambil tindakan yang sama.

     

    Membaca membantu Anda merasa lebih terhubung


    Ketika Anda mengidentifikasi
    kan diri Anda dengan karakter dalam sebuah buku, Anda mengalami jenis hubungan kehidupan nyata yang dapat meningkatkan rasa keterlibatan, ujar psikolog University of Buffalo. Dengan kata lain, membaca Marley & Me, misalnya, dapat meningkatkan persahabatan dengan pemilik anjing di taman.

     

    Membaca mencerahkan hari Anda


    Ceritera yang memiliki happy ending dapat mengangkat semangat Anda,dan novel dapat menghidupkan perasaan positif dengan cara yang lebih halus juga. Bahkan peristiwa kecil dalam narasi mungkin menggali kenangan hangat. Apakah tokoh utama menghadiri barbekyu pantai? Anda mungkin akan mengenang pesta pantai yang Anda sendiri pernah hadiri.

     

    Membaca membantu menghemat uang Anda

     

    Bandingkan bila Anda menonton beberapa fim, menghabiskan seharian penuh waktu Anda di sebuah taman hiburan, atau makan di luar beberapa kali, membeli buku untuk dibaca akan lebih hemat. Disamping itu, Anda bisa memiliki perpustakaan sendiri setelah itu.

     


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.