• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 11 Desember 2018

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Jokowi-JK Menang Telak di Kabupaten Sikka
    VICKY DA GOMEZ | Kamis, 17 Juli 2014 | 13:14 WIB            #PEMILU

    Jokowi-JK
    Pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla

     

    Maumere, Flobamora.net - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK menang telak di Kabupaten Sikka. Calon nonor urut 2 ini meraih 108.911 suara atau setara dengan 78,19 persen, jauh mengungguli Prabowo-Hatta yang mendapat 30.377 suara atau 21,81 persen.

               

    Demikian hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum Presiden Tahun 2014 untuk tingkat Kabupaten Sikka, Rabu (16/7). Pleno yang berlangsung di Aula Hendrik di Jalan Litbang Wairklau itu dihadiri juga saksi dari kedua pasangan calon.

               

    Data yang dihimpun Flobamora.net, dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Sikka, semuanya dimenangkan oleh Jokowi-JK.Sementara dari 555 tempat pemungutan suara (TPS) Jokowi-JK unggul pada 527 TPS, dan Prabowo-Hatta hanya kebagian 28 TPS saja.

     

    Antuasias masyarakat Kabupaten Sikka mendukung Jokowi-JK sudah terlihat jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Masyarakat ikut terlibat aktif pada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh koalisi pemenang dan sejumlah relawan. Hal ini berbanding terbalik jika dilihat dari rendahnya partisipasi mayarakat pada kegiatan yang dilakukan tim pemenang Prabowo-Hatta.

     

    Kecamatan Alok memberikan kontribusi terbesar dengan menyumbangkan 10.479 suara bagi Jokowi-JK. Menyusul setelah itu Kecamatan Nita dengan 9.850 suara dan Kecamatan Alok Timur dengan 9.300 suara. Sementara bagi Prabowo-Hatta kontribusai terbesar berasal dari Kecamatan Alok Timur dengan 5.088 suara, menyusul Kecamatan Alok dengan 3.735 suara dan Kecamatan Talibura dengan 2.845 suara.

     

    Secara umum, pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Sikka berlangsung aman dan lancar. Tidak ada hal yang luar biasa dan krusial dalam pleno. Berbagai kekhawatiran tentang praktik-praktik curang dan manipulatif dari proses penghitungan suara dan rekapitulasi di tingkat bawah juga tidak terlalu tampak.

     

    Untuk Kabupaten Sikka, terdata 205.026 pemilih yang terdiri dari pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 201.837 pemilih, pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) sebanyak 725 pemilih, pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih khusus (DPK) sebanyak 271 pemilih, dan pemilih khusus tambahan (DPKTb) sebanyak 2.193 pemilih.

     

    Dari jumlah pemilih sebanyak itu, yang menggunakan hak pilih sebanyak 140.331 pemilih. Dengan demikian terhitung sebanyak 64.695 pemilih yang tidak menggunakan hak pilih.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.