• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 21 November 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Menkes Dorong Gerakan Bersama Basmi Malaria
    VICKY DA GOMEZ | Kamis, 17 Juli 2014 | 21:47 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Menkes
    Menteri Kesehatan RI Nafisiah Mboy

     

    Maumere, Flobamora.net - Menteri Kesehatan RI Nafisiah Mboy mendorong gerakan bersama membasmi penyakit malaria dan penyakit-penyakit lain yang berbasis lingkungan. Tanpa gerakan bersama maka apapun yang dilakukan tidak akan berhasil maksimal.

               

    Dorongan yang bersifat imbauan ini disampaikan Nafisiah Mboy di halaman Kantor Bupati Sikka saat mengukuhkan laskar jentik, srikandi jentik dan patriot jentik di Maumere, Kamis (17/7). Pengukuhannya dilakukan dengan sangat sederhana yakni Nafisiah Mboy mengalungkan selendang kepada perwakilan laskar jentik, srikandi jentik, dan patriot jentik.

     

    Hadir pada kegiatan ini antara lain Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera, Wakil Bupati Sikka Paolus Nong Susar, Ketua DPRD Sikka Rafael Raga, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Stef Bria Seran, Uskup Maumere Gerulfus Kherubim Parera, dan segenap anggota laskar jentik, srikandi jentik, dan patriot jentik.

     

    “Kalau Sikka sendirian tidak bisa harus kerja sama dengan daerah-daerah lain di Flores dan juga di NTT. Apa yang sudah kamu buat seperti ini harus juga dibuat di tempat lain. Kalau tidak sama saja bohong,” ujar isteri mantan Gubernur NTT, Ben Mboy itu.

               

    Nafisiah Mboy memberikan apresiasi atas hadirnya gerakan membasmi nyamuk melalui wadah laskar jentik, srikandi jentik, dan patriot jentik. Wadah sepertini, ujarnya, harus juga dikembangkan di daerah-daerah lain di NTT.

               

    Dia pun mendorong agar gerakan seperti ini tidak saja dibentuk hanya untuk membasmi malaria. Menurut dia, perlu juga dibangun wadah dan gerakan yang sama untuk penyakit-penyakit lainnya yang berbasis lingkungan seperti demam berdarah, kusta, rabies, dan kaki gajah.

     

    Dengan semakin banyak gerakan dan keterlibatan masyarakat, dan dilakukan kerja sama yang konsisten antardaerah, dia meyakini suatu saat penyakit-penyakit tersebut akan hilang dari NTT.          

     

    Kepada Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera, di amemberikan semangat agar memilki komitmen untuk memberantas penyakit-penyakit itu. “Sikka akan hadapi masa depan yang luar biasa jika sebelum pemerintahan An-Sar masyarakat Sikka sudah bebas dari malaria,” spiritnya.

               

    Laskar jentik yang terdiri dari pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah kini sudah  beranggota sebanyak 1.000 orang. Setidaknya terdapat 12 sekolah yang para pelajarnya menjadi anggota laskar jentik. Sementara anggota srikandi jentik adalah ibu-ibu dharma wanita, sedangkan patriot jentik terdiri dari anggota TNI/Polri dan tagana.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.