• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 21 April 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pemprov NTT Gelontorkan Dana Rp 215 Miliar untuk Program DeMAM
    ALBERT R. | Minggu, 05 Januari 2014 | 14:11 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pemprov
    Kepala Bappeda NTT, Wayan Darmawa

     

    Kupang, Flobamora.net - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun anggaran 2014 mendatang akan menggelontorkan dana sebesar Rp 215 miliar untuk program Desa Mandiri Anggur Merah (DeMAM).

    " Dana tersebut merupakan akumulatif dana pemberdayaan masyarakat di 589 desa/ kelurahan, pendamping kelompok masyarakat (PKM) dan pengendalian program," kata Kepala Bappeda NTT, Wayan Darmawa di Kupang,  Minggu (05/1).

    Menurut Wayan, untuk tahun 2014 program DeMAM yang tetap menjadi  program  andalan pengentasan kemiskinan di NTT, ada perubahan manajemen sehingga program ini betul-betul memberi manfaat bagi  masyarakat.

    Perbaikan manajemen itu, lanjutnya, mencakup pelibatan unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) dalam  memonitor perkembangan serta kegiatan setiap kelompojk masyarakat dan pendampingnya. Untuk itu dialokasikan dana pengendalian program Rp 10 juta per kecamatan.

    " Kebijakan berikut adalah setiap kelompok masyarakat wajib membentuk embrio koperasi, yang tujuannya mencegah terjadinya penyelewengan oleh pendamping dan kepala desa/lurah," paparnya.

    Hal tersebut, kata dia, belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ada pendamping dan kepala desa yang menggunakan dana pengembalian dari anggota kelompok masyarakat.

    Dia menjelaskan, mulai tahun 2014 pendamping kelompok masyarakat yang malas atau tidak berprestasi akan diberhentikan. Sebaliknya, yang berprestasi akan dipercayakan mendampingi di dua desa atau kelurahan.

    "Ada hal yang menggembirakan setelah program ini bergulir mulai tahun 2011, sebanyak 15 lembaga internasional dan kementerian ikut memperkuat program DeMAM dengan dukungan sumber pendanaan lain, sehingga dapat menunjang program pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat," paparnya.

    Dia mengatakan, hingga tahun 2014 sudah ada sekitar 1448 desa dan kelurahan di NTT yang menjadi sasaran program DeMAM, dimana setiap desa/kelurahan diberikan dana hibah pemberdayaan sebesar Rp 250 juta. Dana itu merupakan dana abadi yang terus digulirkan di desa/kelurahan.

    Pemerintah Provinsi NTT, tuturnya, telah bertekad, pada tahun 2017 mendatang, sebanyak 3.245 desa/kelurahan yang ada di provinsi kepuluan itu mendapatkan program DeMAM.

    "Dengan begitu, tidak ada satu pun desa/ kelurahan di NTT yang terlewatkan dari program DeMAM," pungkasnya.***(AR)


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.