• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 18 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Sebelas Dokter Super Ahli UI Sharing Pengalaman di Maumere
    VICKY DA GOMEZ | Sabtu, 16 Agustus 2014 | 16:41 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Sebelas
    Remidazon Riba

     

    Maumere, Flobamora.net -  Sebanyak sebelas orang dokter super ahli dari Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (Iluni FKUI) memberikan sharing pengalaman mereka di Maumere, Kabupaten Sikka.

     

    Mereka menggelar seminar paripurna bertajuk Sikka Menuju Kabupaten Sehat Paripurna Menghadapi Millenium Development Goal’s.

               

    Mereka yang tergabung dalam Iluni FKUI itu antara lain profesor, dokter, serta para spesialis dari berbagai cabang ilmu kedokteran, di antaranya ilmu bedah, penyakit dalam, THT, hingga ilmu jantung.

     

    Tujuan mereka tak lain hanya untuk menyegarkan kembali serta menambah pengetahuan dan keterampilan para tenaga kesehatan sehingga mampu memberikan penanganan yang terbaik bagi para pasien.

     

    Seminar sehari yang digelar Sabtu (16/8) ini dihadiri kurang lebih 300 dokter spesialis dan dokter umum, perawat, bidan dan apoteker. Peserta yang hadir sebagian besar dari Kabupaten Sikka, tetapi ada juga yang datang dari Kabupaten Ende, Flores Timur, Lembata, Ngada, Manggarai, Kupang dan Sumba.

     

    Ketua Panitia Penyelenggara Remidazon Riba menjelaskan, kegiatan ini sifatnya semata insidentil saja. Mulanya para dokter super ahli yang tergabung dalam alumni UI lulusan tahun 1971 (Altus), bertujuan melihat Danau Kelimutu di Kabupaten Ende. Karena mereka melewati Maumere, dan menginap di Maumere, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Sikka mencoba bekerjasama dengan para dokter ahli ini untuk berbagi ilmu pengetahuan.

     

    Menurut dia, sharing ilmu pengetahuan oleh para dokter ahli melalui kegiatan seminar ini sangat penting sekali. Selain untuk mengupdate ilmu pengetahuan dan mendapatkan SKP,  kegiatan ini berefek murah biaya karena langsung dilakukan di Maumere. Peserta hanya memberikan kontribusi Rp 150.000 per orang untuk mengganti biaya makan siang. Kegiatan seperti ini, katanya, biasanya hanya dilakukan di Surabaya atau Jakarta, yang tentu saja harus dengan biaya yang mahal.

     

    “Saya merasa bangga dan bersyukur karena para dokter ahli ini mau membagi ilmu kepada kami di sini. Karena itu kami benar-benar memanfaatkan kehadiran mereka di sini, dari pada harus buang-buang biaya ke Jakarta atau Surabaya,” ujar dokter pada Puskesmas Kopeta Maumere itu.

     

    Di bagian lain, informasi dari Asep Purnama, dokter spesialis penyakit dalam pada RSUD TC Hillers Maumere, selain seminar, para dokter ahli juga berkesempatan memberikan pelatihan bagi para dokter dan perawat. Materi seminar dan pelatihan sangat beraneka ragam seperti penanganan HIV dan SLE, vertigo, batu ginjal, dan THT.  

     

    Menurut Asep Purnama, kegiatan seminar dan pelatihan bagi tenaga kesehatan seyogyanya perlu dilakukan secara rutin dan sesering mungkin. Hal ini untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tenaga kesehatan yang nantinya mampu memberikan pelayanan lebih optimal kepada masyarakat.

     

    “Sayangnya, kebutuhan ini masih sangat minim dilakukan terutama di provinsi luar Jawa dan Sumatera. Ke depannya diharapkan kegiatan seperti ini sering dilakukan,” harapnya.

     

    Seminar ini dibuka secara resmi oleh Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera. Usai pembukaan dilanjutkan dengan seminar tiga sesi dan satu sesi pelatihan bagi dokter umum dan dokter spesialis. Selain itu diselingi kegiatan bakti sosial berupa bersih-bersih telinga bagi murid SDI 37 Kota Uneng. 

     

    Dalam kesempatan ini, Iluni FKUI memberikan bantuan ear kit kepada 23 Puskesmas di Kabupaten Sikka. Bantuan ini diserahkan oleh Kepala Komnas PGPKT (Penaggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian) Damayanti Soetjipto, dan langsung diterima Bupati Sikka, yang nantinya akan diserahkan kepada setiap Puskesmas.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        1 komentar



      NN 11 Mei 2016 - 22:26 WIB
      ZyHRF6 http://www.y7YwKx7Pm6OnyJvolbcwrWdoEnRF29pb.com
      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.