• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 22 Mei 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Cegah Banjir Warga Paupanda Minta Tembok Penyokong
    ALBERT R. | Selasa, 07 Januari 2014 | 13:09 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Cegah
    Jembatan Loworea Saat Diterjang Banjir

     

    Ende, Flobamora.net - Warga Desa Paupanda, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) kini tengah dihadapi persoalan yang cukup serius. Pasalnya, hampir setiap kali musim penghujan seperti sekarang ini, mereka selalu menderita akibat banjir akibat luapan Kali Loworea.

     

    Untuk itu kami berharap dalam tahun 2014 ini pemerintah daerah setempat mengalokasikan dana untuk pembuatan tembok penyokong di sepanjang bantara kali tersebut,” kata  Petrus Ngendi , salah seorang warga Desa Paupanda per telephon, Selasa (7/1) .

     

    Menurutnya, setiap kali memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, kampung dan sekaligus areal tanaman pertanian serta beberapa tambak garam digenangi oleh banjir badang akibat meluapnya Kali Loworea.

     

    Dia menuturkan, meski saat ini curah hujannya masih sedang saja, namun bukan tidak mungkin akan terjadi sepeti tahun-tahun sebelumnya dimana beberapa kampung terendam banjir hingga dua meter lebih. Apalagi kali Loworea pasti akan  meluap jika terjadi hujan lebat dan berhari-hari.

     

    Dia menyebutkan, bukan saja rumah yang terencam banjir, tetapi tanaman pertanian juga ikut terendam banjir dan  juga puluhan hektar tambak garam juga terkena imbas dari luapan air dari kali Loworea.

     

    “Kami berharap Pemerintah Daerah untuk bisa segera merealisir keinginan warga yakni membuat bronjongnisasi atau membuat tanggul penahan air di sepanjang kali Loworea,” katanya.

     

    Menanggapi hal ini anggota DPRD Ende, Arminus Wuni Wasa mengatakan harapan dan keinginan warga desa Paupanda juga merupakan harapan bersama.

     

    Dia mengatakan, DPRD Ende kini tengah dalam masa pembahasan anggaran di Badan Anggaran. Dia belum melihat usulan dari Dinas atau instansi terkait terhadapa penanganan banjir di desa Paupanda.

     

    “Saya belum lihat itu dalam item bahasan di Banggar. Namun menurut saya percuma kita bangun tanggul karena pasti akan jebol juga. Kedepan mestinya kita berpikir untuk melawan amukan alam dengan alam. Yakni salah satunya kita akan giatkan penanaman bambu dan pohon beringin di sepanjang jalur kali Loworea” kata Armin anggota DPRD dari fraksi Demokrat .*** (LEX)


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.