• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 20 Mei 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Kemitraan Prasyarat Mutlak dalam Proses Berpemerintahan
    ALBERTO | Kamis, 04 September 2014 | 06:29 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Kemitraan
    Ketua Sementara DPRD Ende, Herman Yoseph Wadhi

     

    Kupang, Flobamora.net - Ketua Sementara DPRD Ende, Herman Yoseph Wadhi mengatakan, pihaknya tidak mengalami kesulitan untuk menjalin kemitraan dengan pemerintah setempat karena itu merupakan prasyarat mutlak dalam proses berpemerintahan yang baik dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat.

     

    “Dewan dan pemerintah ibarat dua sisi mata uang. Keduanya sama nilainya. Pemerintah dan dewan sama- sama sebagai penyelenggara pemerintahan. Karena itu, dewan sesuai peran dan fungsi akan mengawal semua program yang dijalankan pemerintah,” kata Wadhi menjawab wartawan di Kupang, Kamis (4/9) tekait kemitran antara legislatif dan eksekutif.

     

    Menurutnya, dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, selain kepala daerah, pada hakikatnya DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

     

    Hal ini,kata dia, bermakna bahwa DPRD memiliki tanggung jawab yang sama bersama kepala daerah untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

     

    “Sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah , DPRD mempunyai kedudukan yang setara dengan pemerintah daerah. Kedudukan yang setara bermakna, antara DPRD dan Pemerintah Daerah memiliki kedudukan yang sama dan sejajar dalam arti tidak saling membawahi, atau satu tidak bertanggung jawab kepada yang lain,” jelasnya.

     

    Sementara itu, Bupati Ende Marselinus Y.W Petu menyampaikan tidak ada persoalan menjalin kemitraan antara pemerintah dengan dewan. Karena sebelum terpilih sebagai bupati, dirinya adalah politisi murni dan mantan Ketua DPRD setempat.

     

    “Kekuatan ini menjadi modal bagi saya dalam membangun hubungan emosional, dan melakukan komunikasi politik dengan para anggota dewan,” ujarnya.

    Dia menuturkan, biar anggota dewan silih berganti, tapi institusi tetap sama. Kita sudah punya modal yang cukup untuk membangun kemitraan dengan dewan.

    Menurutnya, dalam spirit pelayanan nuansa kemitraan dengan kepala daerah, adalah suatu kepastian.Pasalnya, dalam proses perumusan kebijaksanaan pembangunan, DPRD pasti menyuarakan kepentingan, tuntutan kebutuhan, harapan dan aspirasi dan selanjutnya dielaborasi dalam perumusan kebijakan pembangunan.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.