• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 20 September 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Petani di Sikka Sodorkan Puluhan Masalah kepada Pemerintah An-Sar
    VICKY DA GOMEZ | Sabtu, 06 September 2014 | 21:42 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Petani
    Bupati Sikka, Yos Ansar Rera (Foto : vicky da gomez)

     

    Maumere, Flobamora.net – Puluhan petani dan penyuluh petani di Kabupaten Sikka menyodorkan sejumlah masalah mereka kepada Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera dan Wakil Bupati Sikka Paolus Nong Susar.

     

    Permasalahan-permasalahan itu meliputi aspek ketahanan pangan, pertanian dan perkebunan, kehutanan, peternakan dan kesehatan hewan, serta perikanan dan kelautan.

               

    Seluruh persoalan tersebut diutarakan secara terbuka lewat forum temu lapang Bupati Sikka bersama para Kepala BPK, para penyuluh, pengurus kelompok tani dan gabungan kelompok tani (gapoktan) pada 9 kecamatan yaitu Kecamatan Waiblama, Talibura, Waigete, Mapitara, Doreng, Bola, Hewokloang, Kewapante dan Kangae. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Tanah Merah Desa Talibura Kecamatan Talibura, Sabtu (6/9).

               

    Selain Bupati Sikka dan Wakil Bupati Sikka, kegiatan ini juga menghadirkan Kepala Bappeda Heriando Siku, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Martha Huberty Pega, Kepala Dinas Pertanian, Hengky Sali, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Yunida Polo, Kepala Dinas Kehutanan, Daeng Bakir, Kepala Seksi Pengembangan Ekosistem pada Dinas Kelautan dan Perikanan, Yoseph Klau Berek. Hadir pula Kepala Litbang Pertanian, Ujang Ahyar,  Camat Talibura Lorens Lilo, dan sejumlah kepala desa.

               

    Permasalahan yang diangkat sangat beragam sesuai karakteristik dari masing-masing wilayah. Antara lain dapat disebutkan masalah komoditi, pakan ternak, irigasi, percetakan sawah, sarana prasara, biaya operasional, teknologi pertanian, sumber daya manusia, persoalan kakao, kelapa dan jambu mete, status tenaga harian lepas, hingga tingkat kesejahteraan.

               

    Temu lapang yang berlangsung kurang lebih 7 jam ini, difasilitasi Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Sikka. Kegiatan ini mendapat respons positip, tidak saja dari Bupati Yoseph Ansar Rera, tetapi juga dari para petani dan semua stakeholder terkait di dalamnya. 

               

    Bupati Yoseph Ansar Rera mengaku senang dengan kegiatan semacam ini. Pada awal pertemuan dia meminta para petani dan pihak-pihak terkait menyampaikan secara terbuka semua persoalan yang dialami sehingga bisa memberikan gambaran kepada pemerintah tenang berbagai persoalan tersebut, serta upaya-upaya solutif yang dapat dialkukan untuk mengatasi semua persoalan tersebut.

               

    Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Martha Huberty Pega menyebutkan temu lapang ini dilakukan agar para petani dan penyuluh dapat lebih dekat dengan Bupati Sikka dan Wakil Bupati Sikka, dengan bebas menyampaikan kondisi yang dihadapi di lapangan. Selain itu bisa dimanfaatkan untuk saling share, menyampaikan permasalahan, mengemukakan pikiran-pikiran dan usul saran. Semua itu dilaksanakan dalam rangka mendukung pembangunan pertanian ke depan.

               

    Kegiatan serupa akan dilakukan juga untuk kecamatan-kecamatan lainnya. Menurut Martha Huberty Pega, minggu depan Sabtu (13/9) akan digelar di Desa Bloro Kecamatan Nita untuk wilayah Kecamatan Nita, Magepanda, Palue, Alok Barat, Alok Timur, Alok, Nele, dan Koting. Dan pada Jumat (19/9) digelar di Desa Bhera Kecamatan Mego untuk wilayah di Kecamatan Mego, Lela, Paga, dan Tanawawo.***

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.