• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 26 September 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Sebagian Warga Kota Ende Beli Air Bersih
    LEX | Jumat, 17 Oktober 2014 | 14:43 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Sebagian
    Direktur PDAM Tirta Kelimutu, Sudarsono

     

    Ende, Flobamora.net - Sebagian besar warga Kota Ende yang bermukim di Kelurahan Paupire dan Kelurahan Onekore khususnya di  jalan Udayana dan Jalan  Sam Ratulangi sejak bulan Pebruari 2014 lalu kekurangan air minum bersih. Sejak saat itu pula warga kedua kelurahan tersebut ramai-ramai membeli air tangki.

     

    Salah seorang warga Kelurahan Onekore Arkadius ditemui di kantor DPRD Ende,Jumat (17/10) mengemukakan, akibat jarang bahkan tidak keluarnya air PDAM warga harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli air minum bersih dari pihak swasta yang menjualnya.

     

    “Kami harus keluarkan uang tambahan berkisar Rp.86 ribu untuk satu tangkinya. Kami rasa berat apalagi setiap pembayaran rekening air PDAM dari Rp.24 ribu hingga Rp.34 ribu tiap bulanmya. Padahal, kami tidak konsumsi air itu. Kami sudah lapor ke pihak PDAM namun tidak pernah digubris,” tutur Arkadius.

     

    Dia meminta, pemerintah bisa memberi bantuan dengan mengerahkan mobil tangki air gratis untuk penduduk yang membutuhkan air minum bersih, tanpa harus mengeluarkan uang.Karena hingga memasuki pertengahan  bulan oktober  masyarakat di Jalan udayana tidak menerima pasokan air bersih.

     

    Sementara itu Direktur PDAM Tirta Kelimutu, Sudarsono ditemui pada kesempatan terpisah mengakui, di beberapa kawasan perkotaan warga masyarakat kekurangan pasokan air minum bersih melalui PDAM.

     

    Menurutnya, penyebab kekurangan pasokan  air ketempat tersebut akibat penurunan debit air dari sumber mata air Ae kipa, Ae Pana di kecamatan Ndona.Karena itu, otomatis pasokan untuk wilayah itu mengalami kekurangan.

     

    “Debit air untuk kedua sumber mata air ini cuma 5 liter per detik, itu kurang sama sekali.Karena untuk normalnya 18 liter per detik hingga 20 liter per detik.Turunnya debit air inilah yang menyebakan warga kekurangan air,” kata Sudarsono.

     

    Untuk bisa mengatasi kekurangan air, sebutnya, pihaknya di tahun 2015 mendatang akan melakukan pengadaan mesin pompa guna membantu pasokan air dari kali wolowona ke wilayah-wilayah tersebut diatas.

     

    “Yang sekarang airnya normal karena diambil dari kali wolowona dan menggunakan mesin pompa didorong untuk didistribusikan di pelanggan. Sementara yang kekurangan air karena diambil dari mata air yang kini debitnya menurun akibat di sekitar lokasi mata air, lahan resapan kini berkurang akibat pembukaan lahan pertanian,” ujarnya.

     

    Kata dia, dalam program ke depan  untuk mencukupi kebutuhan air, PDAM akan melakukan pengadaan mesin pompa untuk mendorong air dari kali wolowona ke tempat-tempat yang selama ini jalurnya belum di sentuh jaringan air dari kali wolowona. Dengan demikian kebutuhan air warga kota Ende bisa dipenuhi.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.