• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 19 September 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    NTT Tawarkan Potensi Investasi kepada Australia
    ALBERTO | Rabu, 22 Oktober 2014 | 13:36 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    NTT
    Kadis Perindustrian dan Perdagangan NTT, Bruno Kupok

     

    Kupang, Flobamora.net - Kepala Dinas Perindustan dan Perdagangan (Disperindag)  Nusa Tenggara Timur (NTT), Bruno Kupok mengatakan, pihaknya telah memaparkan dan menawarkan potensi investasi di daerah ini untuk mendukung kerja sama segitiga pertumbuhan ekonomi kepada dua dosen dari Charles Darwin University, Northern Territory (NT).

     

    Kepada wartawan di Kupang, Rabu (22/10) seusai pertemuan tersebut, Bruno menjelaskan, kedatangan Dennis Shoesmith dan Ruth Wallace dari universitas terkemukan di Darwin itu untuk mengetahui lebih dekat tentang potensi investasi di NTT jika kerja sama segi tiga pertumbuhan ekonomi dilaksanakan.

     

    “Kedua dosen senior tersebut memuji inisiatif Pemerintah Provinsi NTT yang menggulirkan kerja sama antara tiga wilayah bertetangga tersebut demi memajukan perekonomian masing-masing dalam sebuah kerja sama trilateral,” katanya.

     

    Menurutnya, kepada kedua dosen itu dipaparkan potensi pertanian dan perkebunan  dengan dua komoditi unggulan kopi dan cokelat. Kemudian potensi perikanan dan kelautan khususnya perikanan tangkap yakni tuna dan cakalang, mutiara, umput laut serta garam.

     

    Dia menjelaskan, di sektor industri kerajinan rakyat yakni tenun ikat dan kulit, pertambangan khususnya mangan dan pariwisata yang makin menggeliat saat ini.

     

    “Kita mengharapkan, saat kerja sama ini mulai bergulir ada investasi dari pengusaha Australia di NTT yang memanfaatkan potensi sumber daya alam demi mensejahterakan rakyat di daerah ini,” ujarnya.

     

    Sebagaimana diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggagas kerja sama denan Timor Leste - Northern Territory, Australia (NT) menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi di tiga negara.

     

    "Kami ingin menjadikan daerah ini sebagai kawasan lintas negara dalam program segitiga pertumbuhan. Ini akan mendukung geliat ekonomi masyarakat NTT," kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya, awal Maret 2014 lalu.

     

    Namun, implementasi kerja sama ini masih perlu dikaji secara mendalam agar tidak salah arah.

     

    Menurut Frans, yang tidak kalah penting, kerja sama ini akan membuat NTT menjadi pintu masuk investasi Timor Leste dan NT serta membuat NTT menjadi pusat perdagangan, industri, pariwisata dan jasa keuangan internasional.

     

    "Selain itu yang perlu dipikirkan adalah sektor perhubungan yang menghubungkan ketiga wilayah itu dengan mengembangkan penerbangan Kupang - Dili – Darwin," ujar Frans.

     

    Frans meminta pemerintah pusat untuk memberikan kebijakan khusus dalam kerja sama itu karena menguntungkan NTT, yang diyakini akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.