• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 20 April 2018

     

     
    Home   »  Travel
     
    Pusat Bersejarah Prague, Republik Czeko
    YOHANES LANGGAR BILLY | Rabu, 29 Oktober 2014 | 12:33 WIB            #TRAVEL

    Pusat
    Dok Web - Situs Warisan Dunia

     

    Flobamora.net – Prague adalah kumpulan arsitektur perkotaan bermutu tinggi baik bangunan-bangunan individunya maupun keteraturan kotanya, dan termasuk salah satu kota yang terkenal di dunia. Pusat sejarahnya secara mengagumkan mengilustrasikan proses pertumbuhan kota yang berkesinambungan sejak abad pertengahan sampai sekarang ini.

     

    Perannya yang penting dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan evolusi budaya Eropa tengah sejak abad ke-14 dan seterusnya, dan kayanya tradisi-tradisi arsitektur dan artistik menjadikan Prague model utama pengembangan perkotaan Eropa tengah dan timur.

     

    Prague yang bersejarah ini terdiri dari tiga kota terpisah: Kota Tua (Stare Město), Kota Kecil (Malá Strana), Kota Baru (Nove Město). Prague dengan cepat menjadi ibukota negara bagian Bohemian setelah pendiriannya di tepi-tepi Sungai Vltava  pada abad ke-9. Pada abad ke-12 terjadi ekspansi yang  berarti dengan dibangunnya biara di Strahov dan jembatan batu yang membentang di atas Sungai Vltava, yang membantu pertumbuhan Stare Město.

     

    Pertumbuhan terus berlangsung pada pertengahan abad ke-14 ketika Nove Město dibangun. Di bawah kekuasaan Charles IV, Kaisar Romawi Suci (1316-78), Nove Město menikmati masa emasnya sebagai ibukota kekaisaran dan menjadi pusat utama budaya, dan menjadi daya tarik bagi para semiman dan arsitek dari seluruh Eropa terutama Italia.

     

    Kebakaran yang terjadi pada 1541 menghancurkan sebagian besar tempat tinggal pada tepi kiri Sungai Vltava dan gaya Renaisans mendominasi pembangunan kembali tempat-tempat hunian yang terbakar ini. Pembangunannya berjalan lambat pada penghujung ‘Perang Tiga Puluh Tahun pada 1648 dan sebelum akhir abad ini Prague pulih kembali, masa di mana Baroque Tinggi berkembang hebat.

     

    Pengembangan perkotaan dari 1880 dan seterusnya berakibat pada penghancuran banyak gedung tua terutama di Markas Besar Yahudi di sisi kanan sungai. Walaupun demikikan, Namun, Prague memetik manfaat atas pembangunan sejumlah besar gedung yang menakjubkan dengan gaya kontemporer.

     

    Prague kaya akan bangunan / monumen yang berasal dari semua masa. Diantaranya adalah Kastil Prague, Katedral St Vitus, Alun-Alun Hradčany, Jembatan Gothic Charles, Romanesque Rotunda of the Holy Rood (gereja kecil berbentuk bulat gemuk bergaya Romanesque), rumah-rumah berkanopi bergaya Gothic sekitar Alun-Alun Kota Tua, Gereja St James bergaya Gothic Tinggi, dan gedung-gedung akhir abad ke-19.   

     

    Peranan Prague pada abad pertengahan pengembangan Kekristenan di Eropa tengah sangat menonjol sebagaimana pengaruh formatifnya dalam evolusi banyak kota. Status politik Prague merupakan daya tarik bagi para seniman dan arsitek dari seluruh penjuru Eropa yang berkontribusi terhadap kekayaan warisan Prague. Sejak keperintahan Charles IV, Prague telah menjadi pusat intelektual dan budaya di daerah-daerah sekitarnya, sebuah status yang terangkat dengan berdirinya Universitas Charles pada abad ke-15 dan Prague memiliki hubungan yang erat dengan nama-nama seperti Wolfgang Amadeus Mozart dan Franz Kafka.


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.