• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 21 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Travel
     
    Dome of the Rock, Yerusalem, Israel
    YOHANES LANGGAR BILLY | Jumat, 14 November 2014 | 14:54 WIB            #TRAVEL

    Dome
    Dok Web

     
    Flobamora.net – Didirikan oleh Kalifah Umayyad Abd al-Malik, tempat suci ini mengelilingi batu dari mana nabi Muhammad naik ke surga dengan menggunakan hewan yang memiliki wujud seperti kuda, Buraq, yang ditemani oleh malaikat Gabriel. Dome of the Rock ini adalah salah satu tempat tersuci umat Muslim, dan dalam kepercayaan orang  Yahudi batu tersebut dihormati sebagai situs di mana Abraham memenuhi pencobaan Tuhan dan mempersembahkan anaknya Isak sebagai korban. Lebih jauh, dipercayai bahwa Kuil Solomon dulunya dibangun di situs ini, dan selama masa jabatannya, Tabut Perjanjian diletakkan di atas batu suci ini.

     

    Gedung berbentuk oktagonal ini mungkin terkenal karena kubah emasnya yang memesona, yang terbentang sepanjang 20 m di atas batu suci, menjulang sekitar 35 m ke atas puncaknya. Kubah ini awal mulanya terbuat oleh emas; namun kemudian diganti dengan tembaga dan akhirnya aluminium. Aluminiumnya sekarang dilapisi lembaran-lembaran emas, donasi dari mendiang Raja Hessein, Yordania. Tepat di puncak kubah bertahta dekorasi bulan purnama, mengacu kepada bentuk yang lebih dikenal yaitu motif bulan sabit Islam; bulannya itu diposisikan agar celahnya menghadap ke Mekah, tempat tersuci umat Islam di dunia.

     

    Jubin polikromik yang indah dari kota Iznik, Turki menghiasa bagian luar tempat suci ini. Jubin-jubin ini adalah salinan asli, dibuat pada 1960-an, jubin-jubin orisinalnya yang disumbangkan oleh Suleiman Agung dan dibuat di Persia pada abad keenambelas. Beberapa jubinnya membentuk tulisan Arab yang menceriterakan malam perjalanan nabi Muhammad ke surga, seperti yang tertera di dalam Al Quran.

     

    Mosaik-mosaik bagian dalamnya menampilkan representasi tumbuh-tumbuhan (adat istiadat Islam yang melarang menampilkan citra / rupa orang atau binatang dalam seni di gedung-gedung religi). Secara bersama-bersama, dekorasi-dekorasi puitis ini membentuk taman yang menakjubkan, mungkin ibarat taman-taman surga yang lama dinanti-nantikan.

     

    Arsitek, Kalifa Abd al-Malik, Lokasi, Yerusalem, Israel, Gaya Islam, Bahan bangunan batu, marmer / pualam, porselin, emas.   


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.