• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 11 Desember 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Harga Cabai di Kupang Alami Kenaikan Lebih dari 100 Persen
    ALBERTO | Jumat, 21 November 2014 | 12:04 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Harga
    Cabai Merah

     

    Kupang, Flobamora.net - Pascapengumuman pemerintah tentang kenaikan harga BBM, harga cabai merah dan cabai keriting di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami  kenaikan yang cukup mencegangkan.

     

    Pantauan di Pasar Kasih Naikoten, Kota Kupang, Jumat (21/11), harga cabai merah keriting dari sebelumnya 25.000 naik menjadi Rp 59.000 per kilo gram (kg). Sedangkan cabai biasa dari Rp 25.0000 naik menjadi Rp 36.000 per kg.

     

    “ Harga cabai keriting mengalami kenaikan sekitar Rp 34.000 per kg, sedangkan cabai biasa Rp 11.000,” kata Ibu Ina salah seorang pedagang.

     

    Menurutnya, naiknya harga cabai dipengaruhi oleh terbatasnya persediaan di tangan pedagang karena selama ini hanya mengandalkan produksi cabai dari luar Kota Kupang seperti dari daratan Flores ditambah dengan mahalnya biaya transportasi.

     

    Naiknya harga cabai ini, dikeluhkan masyarakat Kota Kupang.  Sumiatii, salah seorang pemilik rumah makan di sekitar Pasar Kasih tidak menduga jika harga cabai bisa mengalami kenaikan yang cukup mencengangkan.

     

    “Kalau saya hitung, harga cabai kerting, naiknya lebih dari 130 persen, sementara cabai biasa sekitar 45 persen. Kami terpaksa beli, karena tuntutan kebutuhan,” katanya.

     

    Pengeluhan serupa juga disampaikan Ibu Nani. Warga Kelurahan Oepura ini, terpaksa mengurungkan niatnya untuk membeli cabai keriting untuk persediaan, setelah mengetahui harganya mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

     

    Masih dari hasil pemantauan, harga bahan kebutuhan pokok lainnya seperti beras  relatif stabil karena masih ada kegiatan operasi pasar beras dari Bulog di sejumlah pasar terrmasuk di Pasar Oeba dengan harga Rp 7.400/kg.

     

    Harga minyak goreng per jerigen ukuran lima liter Rp 71 ribu. Sementara minyak goreng jenis lainnya harganya masih di bawah itu. Bimoli yang sekarang berharga Rp 71 ribu justru sudah naik sejak bulan lalu dari Rp 61 ribu.

     

    Sementara itu, harga bawang merah dan bawang putih relatif stabil dari Rp 20 ribu/kg hingga Rp 25 ribu/kg. Lalu harga telur per papan berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 44 ribu. “Ini juga masih berlaku harga lama,” kata Rico salah seorang pedagang.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.