• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 17 Desember 2018

     

     
    Home   »  Nasional
     
    TNP2K Sosialisasi Tiga Kartu Sakti Jokowi di Kupang
    ALBERTO | Sabtu, 22 November 2014 | 14:46 WIB            #NASIONAL

    TNP2K
    Inilah Tiga Kartu Sakti Jokowi-JK untuk mensejahterakan Rakyat Indonesia

     

    Kupang, Flobamora.net -Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, pemerintah meluncurkan program Simpanan Keluarga Sejahtera (SKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Senin (3/11) lalu di Jakarta.


     
    Peluncuran kartu-kartu tersebut merupakan bagian dari uji coba pelaksanaan berbagai program yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 166 Tahun 2014 tentang program percepatan penanggulangan kemiskinan.

    Spesialis hubungan external Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Regi Wahono menyampaikan, secara bertahap pemerintah meluncurkan program Simpanan Keluarga Sejahtera, Indonesia Pintar, dan Indonesia Sehat kepada 15,5 juta masyarakat kurang mampu. Dari 15,5 juta masyarakat kurang mampu itu, 420.000 yang terdata di Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Regi menjelaskan peningkatan kesejahteraan masyarakat dimulai dengan pemberian Simpanan Keluarga Sejahtera melalui rekening simpanan uang elektronik kepada lebih dari 1 juta keluarga. Dan di Kota Kupang hampir 12.000 keluarga sudah siap dilayani untuk mendapat pemberian Simpanan Keluarga Sehat.

    Untuk Kartu Indonesia Pintar akan dibagikan kepada sekitar 160.000 anak usia sekolah, dan kurang lebih 600 anak di Kota Kupang akan mendapatkan kartu tersebut. Sedangkan untuk Kartu Indonesia Sehat dibagi kepada hampir 4,5 juta individu, dan sekitar 65.000 orang adalah warga Kota Kupang.

    Regi menyampaikan secara bertahap pemerintah akan membagikan kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang menggantikan Kartu Pelindung Sosial (KPS) sebagai penanda keluarga kurang mampu.

     

    Selain itu, ada pula kartu HP (SIM Card) yang berisi uang elektronik yang digunakan untuk mengakses Simpanan Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai penanda penerima manfaat program Indonesia pintar, dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai penanda penerima manfaat program Indonesia sehat.

    "Pada tahap awal ini pemerintah membagikan KKS, Kartu HP, KIP, dan KIS kepada 1 juta keluarga kurang mampu," kata Regi kepada wartawan di Kupang, Jumat (21/11).

    Dia mengatakan, keseluruhan program tersebut merupakan era baru dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu yaitu melalui kegiatan produktif berupa rekening simpanan keberlanjutan pendidikan anak serta pemberian jaminan kesehatan yang lebih luas.

    Regi mengemukakan, Simpanan Keluarga Sejahtera adalah bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu yang diberikan dalam bentuk rekening simpanan sebagai bagian dari strategi nasional keuangan inklusif.

     

    “Pemberian bantuan ditujukkan untuk mendorong akses terhadap sistem keuangan bagi lapisan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan pendapatan serta menjaga stabilitas sistem keuangan,” katanya.

     

    Dia menambahkan, pemberian simpanan merupakan perbaikan dari mekanisme pemberian bantuan tunai dalam bentuk bantuan langsung masyarakat yang diberikan sebagai bagian dari paket kompensasi akibat penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) tahun 2013.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.