• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 19 September 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Dinas PU Gelar Pemaparan Desain Kantor Gubernur NTT Kedua
    ALBERTO | Jumat, 12 Desember 2014 | 13:47 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Dinas
    Salah satu desain Kantor Gubernur NTT Kedua yang disayembarakan

     

    Kupang, Flobamora.net - Sayembara Desain Kantor Gubernur NTT Kedua saat ini memasuki tahap akhir. Hari ini, Jumat (12/12) bertempat di Aula El Tari, Dinas Pekerjaan Umum menggelar pemaparan desain yang dilakukan oleh tiga peserta dengan raihan penilaian tertinggi.

     

    Tiga peserta perorangan yang meraih nilai tertinggi adalah Dadi E Malelak bersama Blasius Bata, Yoseph Liem dan  Petrus Jeremias Giri.

     

    Ketiganya memaparkan hasil desain mereka di hadapan dewan juri yakni Pieter Djami Rebo dari LPJK NTT, Linda W. Fanggidae dari Undana dan Don Ara Kian dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) NTT.

     

    Ikut menyaksikan pemaparan desain pada kesempatan itu, Gubernur Frans Lebu Raya, Sekda Fransiskus Salem, Wakil Ketua DPRD NTT, Nelson Obet Matara, anggota dewan yakni Alaxander Ena, Gusty Demon Beribe dan Yucundianus Lepa.   

     

    Panitia pelaksana sayembara desain dalam laporannya mengatakan, sayembara tersebut dibuka sejak 3 Oktober 2014  dan batas akhir pendaftaran pada 13 November 2014. Namun, hingga batas akhir hanya ada 10  peserta yang mendaftar.

     

    Dari 10 peserta  itu, ada dua peserta dari luar daerah. Sayang hingga awal Desember hanya empat peserta yang memasukan desainnya, semuanya anak-anak NTT. Sedangkan dua peserta dari luar daerah tidak memasukkan desainnya. Hasil sayembara ini akan diumumkan pada 15 Desember 2014 mendatang.

      

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT, Andre W. Koreh pada kesemapatan itu mengatakan, sayembara yang digelar itu bertujuan menerima masukan dari berbagai lembaga atau para pakar sehingga menghasilkan tampilan kantor yang bagus dan menjadi ikon NTT.

     

    Menurutnya, pemaparan desain oleh  peserta selain untuk menerima masukan dari para pakar juga mendapatkan penilaian yang lebih objektif dari tim juri, setelah mendapat masukan dari berbagai pihak yang berkompeten.

     

    Pantauan Flobamora.net , dalam pemaparannya, peserta pertama, Yoseph Liem, mengambil tema Budaya Lontar dengan Sasando sebagai ikonnya. Alasannya, mengambil Sasando sebagai ikon, lantaran  Sasando adalah sebuah warisan budaya dan sudah mendunia.

     

    “Kami mengambil tema ini, karena masih ada kaitannya dengan program pemerintah daerah mengembangkan sektor pariwisata dengan Komodo dan Danau Kelimutu sebagai titik kuat,” jelasnya.

     

    Untuk desain Kantor Gubernur Kedua, paparnya, akan dibangun lima lantai  dengan penampang utamanya adalah bangunan berbentuk Sasando.

     

    Kemudian, lantai satu untuk area parkir dan layanan umum, lantai dua dan tiga untuk ruangan biro-biro, lantai empat untuk ruangan sekretaris daerah dan para asisten. Sedangkan lantai lima adalah ruangan kerja gubernur dan wakil gubernur serta ruangan rapat.

     

    Peserta kedua, Petrus Jeremias Giri menawarkan desain dengan menguatamakan sisi estetika memanfaatkan 69 ribu meter persegi luas lahan yang dimiliki.

     

    Selain itu, desain yang ditawarkan juga mempertimbangkan keberadaan beberapa kantor pemerintah di sekitarnya antara lain Kantor DPRD, Kejaksaan dan Pengadilan Tinggi, Bank Indonesia, Kantor Pusat Bank NTT dan Kantor Perwakilan BPK.

     

    Sementara peserta ketiga, Dadi E. Malelak bersama Blasius Bata, lebih cenderung mengambil tema umum desain perkantoran pemerintah. Keduanya terinspirasi oleh bangunan Kantor Gubernur Nangroe Aceh Darussalam atau Kantor Gubernur Kalimantan Barat, yang terkesan anggun dan terbuka. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.